Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wafat pada Usia 57, Ini 5 Fakta Pencipta SpongeBob SquarePants

SpongeBob SquarePants merupakan karakter animasi berbentuk spons kuning kotak yang memiliki tangan dan kaki. Dia juga ditemani sejumlah karakter unik seperti Patrick Star atau Squidward.

Selama hidupnya, Hillenburg menjadikan animasi SpongeBob SquarePants populer setelah tampil di jaringan televisi remaja di Amerika Serikat, Nickelodeon.

Berikut beberapa fakta Hillenburg dalam pembuatan animasi SpongeBob SquarePants:

1. Sebanyak 242 episode

Hillenburg pertama kali membuat karakter Spongebobs Squarepants pada 1999. Hingga akhir hayatnya, Hillenburg telah menciptakan 242 episode Spongebobs Squarepants.

Selain itu, Hillenburg juga memproduksi dua film Spongebobs Squarepants yang berjudul SpongeBob SquarePants Movie pada 2004 dan Sponge Out of Water pada 2015.

2. Ahli biologi laut

Dilansir dari The Guardian, selain sebagai animator, Hillenburg juga merupakan ahli biologi laut.

Hillenburg kecil memang sangat menyukai kehidupan bawah laut, karena ia dibesarkan di pos Angkatan Darat AS di Lawton, Oklahoma.

Sementara, ayahnya bekerja di militer dan ibunya merupakan seorang pengajar siswa tunanetra.

Pada 1984, Hillenburg dan keluarganya memutuskan pindah ke California dan ia langsung memulai karirnya sebagai pengajar biologi kelautan di Intitut Kelautan di Dana Point, California.

Saat itu, Hillenburg memakai bakat alaminya, yakni menggambar, untuk mengilustrasikan cerita dan menulis untuk membantu mengajarkan murid-muridnya. Dia menciptakan karakter penuh warna yang nantinya akan menjadi penghuni Bikini Bottom.

Pada 1987, ia memulai kariernya di bidang animasi eksperimental di Institut Seni California. Setelah itu, kariernya sebagai animator semakin berkembang.

3. Karakter dari perilaku manusia

Dalam pembuatan serial SpongeBob SquarePants, Hillenburg membuat karakter SpongeBob ini dengan perilaku dasar layaknya manusia. Misalnya, SpongeBob merupakan sosok yang idealis.

Karakter SpongeBob juga memunculkan sifat yang mengajarkan anak-anak atau remaja agar "menjadi diri sendiri".

Dialog dari serial TV SpongeBob yang mengajarkan untuk jadi diri sendiri, yakni "Isilah hatimu dengan kebaikan dan jadilah diri sendiri. Dunia akan membelamu tanpa kamu sadari."

Selain itu, karakter-karakter lain juga dimunculkan dengan karakter sinis, antara lain Squidward, Plankton, dan Eugene Krabs.

4. SpongeBobs mengajarkan kerja keras

Sifat alamiah yang ditonjolkan SpongeBob yakni ia merupakan teladan yang senang bekerja keras.

Pernah kita dapati dalam serial animasinya, ia selalu berucap dengan lantang, "Saya siap! Saya siap!".

Kesehariannya, SpongeBob bekerja di restoran cepat saji Krusty Krabb sebagai koki di Bikini Bottom.

Selain itu, SpongeBob juga menghayati pekerjaannya sebagai koki pembuat burger bernama Krabby Patty.

5. Dalam 60 bahasa

Populer di kalangan anak-anak hingga orang dewasa, serial animasi SpongeBob banyak ditonton orang-orang karena ide cerita yang menarik dan dibumbui dengan sense humor.

Berkat kepopulerannya, SpongeBob SquarePants memenangkan pernghargaan seperti Nickelodeon Kid's Choice Award, Teen Choice Award, Daytime Emmy Award, dan beberapa penghargaan lainnya.

Serial animasi ini juga ditayangkan dalam beberapa stasiun televisi di dunia dengan 60 bahasa.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/11/28/131603410/wafat-pada-usia-57-ini-5-fakta-pencipta-spongebob-squarepants

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke