Salin Artikel

BERITA POPULER: Sheila On 7 Dipaksa Turun Panggung dan Penghormatan Terakhir untuk Istri Ifan

Penghentian tersebut tersebar melalui sebuah video yang kemudian viral di media sosial. Saat itu, polisi menghentikan penampilan Duta (vokal), Eross (gitar), Adam (bas), dan Brian (drum) yang sedang membawakan lagu "Sephia".

Adam yang kini menjadi manajer Sheila On 7 mengatakan, penghentian tersebut lantaran tidak ada toleransi waktu dari pihak kepolisian. Menurut polisi batas waktu acara telah selesai.

Menurut Adam, seharusnya pihak kepolisian membicarakan batas waktu tersebut kepada penyelenggara dan memberikan toleransi waktu.

"Kalau misalnya ada diskusi kan enak, 'Oh ini sudah lagu yang keberapa?' Kalau begitu 5 menit atau 10 menit masa enggak ada toleransi," kata Adam saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/12/2018).

Adam berujar bahwa lagu "Sephia" adalah lagu terakhir yang dibawakan dalam acara itu. Adam menyesalkan kejadian tersebut lantaran merugikan nama Sheila On 7.

"Kan kesannya distop polisi karena apa? Diperlakukan seperti itu kan merugikan Sheila On 7. Ya, merugikan penonton iya, tapi nama yang tercoreng kan Sheila On 7," kata Adam.

Baca selengkapnya: Sheila On 7 Diminta Polisi Turun Panggung di Tengah Penampilannya

 

Dylan dan Andi bersama Bani (bassist Seventeen), Herman (gitaris), dan Road Manager Seventeen Oki Wijaya menjadi korban meninggal dalam bencana tsunami Banten yang terjadi pada Sabtu (22/12/2018) malam.

Pantauan Kompas.com, ada penyanyi Anji, Rizal "Armada", aktor Garry Iskak, Vicky Nitinegoro, Tommy Kurniawan, Ade "Govinda", presenter Gilang Dirga dan istri, serta penulis Moammar Emka. Mereka mengikuti tahlilan yang digelar sebelum jenazah diterbangkan.

"Bentuk dukungannya, saya cuman bilang, 'Fan, kalau butuh apa-apa, kami teman-teman ada buat lo'," ujar Anji yang ditemui di lokasi.

"Ifan tegar banget, dia kehilangan banyak. Semua orang terdekat dia itu atau ring satunya istilahnya, dia kehilangan. Saya enggak bisa bayangkan di posisi dia bisa seperti itu atau tidak," tambahnya.

Selain mereka, tampak pula kehadiran beberapa personel band Lyla dan Geisha di ruang kargo bandara, tempat jenazah Dylan dan Andi disemayamkan sementara. Mereka satu per satu memeluk Ifan dan menyampaikan belasungkawa.

Baca selengkapnya: Dini Hari, Belasan Artis Beri Penghormatan Terakhir untuk Istri Ifan dan Drummer Seventeen

 

Mereka berkeliling menyambangi rumah-rumah yang dihuni warga Kristiani. Di antara mereka ada yang sambil bawa kentongan. Ronda malam digelar dari pukul 17.00 WIB hingga 21.00 WIB pada hari Senin, 24 Desember 2018 ini. 

Warga Jetis sejatinya sedang melaksanakan ronda yang tidak biasa, karena berlangsung saat hari masih sore. Rupanya, mereka mendatangi rumah-rumah itu untuk memastikan bahwa rumah warga Kristiani aman dari tindak kejahatan apa pun sepanjang ditinggal mereka menjalani ibadah Natal di gereja.

"Kami yang muslim inisiatif ronda keliling. Semua demi memberi kenyamanan beribadah tetangga kami yang kristiani. Biar makin kusyuk, mereka tidak perlu kepikiran rumah," kata Budi Narjo, ketua Karang Taruna Jodipati dari Dusun Jetis, melalui hubungan selular, Senin (24/12/2018).

Pagerharjo, salah satu desa di Bukit Menoreh, di mana terkenal dengan hampar kebun teh. Lokasinya berada sekitar 45 menit dari kota Wates, pusat Kulon Progo. Mayoritas warga bekerja di lahan tani.

Dusun Jetis satu dari banyak pedukuhan di Pagerharjo. Dusun dihuni lebih dari 40 kepala keluarga. Mereka ini menjunjung nilai saling peduli dalam segala hal, termasuk soal menjalankan ibadah masing-masing warga. 

Budi menceritakan, menyambangi rumah-rumah warga yang sedang ibadah di hari rayanya ini sudah menjadi tradisi di kalangan warga dusun. Kegiatan ini sudah hidup lama di antara mereka. 

Semua berawal dari banyaknya keluhan warga yang jadi korban pencurian selagi mereka mengikuti ibadah hari raya. Warga kemudian menyepakati untuk saling bergantian menjaga dusun bila mereka menjalankan ibadah keagamaannya.

Bila hari lebaran, warga kristiani keliling ronda ke rumah-rumah tetangganya yang muslim. Begitu pula sebaliknya.

Alhasil, dusun terasa aman dan ibadah jadi lebih tenang.

"Sekarang sudah tidak ada lagi kasus pencurian. Dulu sering, karena ditinggal," kata Budi.

Baca selengkapnya: Natal di Bukit Menoreh, Warga Muslim Jaga Rumah Umat Kristiani yang Pergi ke Gereja

 

Pelatih asal Argentina, Roberto Carlos Mario Gomez, mengisyaratkan akan menempuh jalur hukum setelah dipecat Persib Bandung.

Hal ini disampaikan Mario Gomez melalui unggahan di akun Instagram pribadinya. Sambil menyapa Bobotoh, sebutan untuk pendukung Persib, Mario Gomez mengaku sudah menunjuk pengacara.

"Halo untuk semua penggemar Persib. Terima kasih semua atas kebersamaannya di 2018 ini dan dukungan Anda," kata Mario Gomez.

"Tampaknya manajemen tidak ingin melanjutkan kerja sama. Situasi ini ada di tangan pengacara saya. Terima kasih lagi," ujar Mario Gomez menambahkan.

Kontrak Mario Gomez resmi diputus Persib Bandung setelah Liga 1 2018 berakhir. Sebenarnya, Mario Gomez masih memilki sisa kontrak selama setahun atau hingga 2019 mendatang.

Ada kemungkinan langkah hukum ini ditempuh Mario Gomez lantaran pihak klub tak membayar kompensasi sisa kontraknya.

Baca selengkapnya: Mario Gomez Isyaratkan Tuntut Persib Bandung Terkait Pemutusan Kontrak

 

Pada waktu yang bersamaan pula, kepemilikan saham Freeport berubah. Berkat divestasi 51 persen saham oleh BUMN, PT Inalum (Persero), mayoritas kepemilikan saham Freeport pun jatuh ke tangan Indonesia.

Namun hasil itu tak instan. Proses negosiasi yang alot hingga upaya mencari pendanaan besar harus dilalui sepanjang 2018. Berikut Kompas.com rangkumkan beberapa peristiwa penting:

1. Kesepakatan Divestasi

Negoisasi panjang kontrak PT Freeport Indonesia yang akan habis 2021 menemui titik temu pada Agustus 2017. Hal itu ditandai dengan adanya kesepakatan pada Agustus 2017 silam.

Ada 4 poin kesepakatan, yakni pertama PT Freeport Indonesia akan mengubah izin dari Kontrak Karya (KK) jadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) dan sekaligus memberi hak operasi hingga tahun 2041. 

Kedua, pemerintah menjamin kepastian fiskal dan hukum selama jangka waktu IUPK berlaku. Ketiga, PTFI berkomitmen membangun smelter baru di Indonesia dalam jangka waktu lima tahun. 

Keempat dan yang terakhir, FCX setuju divestasi kepemilikan di PTFI berdasarkan harga pasar yang wajar sehingga kepemilikan Indonesia atas PTFI jadi 51 persen.

Namun proses setelahnya tak kalah rumit. Terutama soal divestasi 51 persen saham PTFI yang nilainya ditaksir 3,85 miliar dollar AS atau sekitar Rp 55,44 triliun (kurs Rp 14.400 per dollar AS).

Setelah melalui pembahasan yang intens, Kamis (12/7/2018), Freeport akhirnya mau menandatangi Head of Agreement antara PT Indonesia Asahan Alumunium atau Inalum (Persero) pada Kamis (12/7/2018).

Kesepakatan ini merupakan langkah awal mengakuisisi mayoritas saham di perusahaan tambang tersebut melalui proses divestasi sebesar 51 persen.

Penandatangan perjanjian itu dilakukan oleh Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin dan Presiden Direktur perusahaan induk PT Freeport Indonesia, Freeport McMoran Richard Adkerson.

Dua bulan berselang, perjanjian pengikatan jual beli ditandatangi. Inalum dan Freeport McMoran menandatangai Sales and Purchase Agreement pada Kamis (27/9/2018).

Selanjutnya, Inalum harus melakukan pembayaran 3,85 miliar dollar AS atau sekitar Rp 55,44 triliun (kurs Rp 14.400 per dollar AS).

Pembayaran itu untuk membeli hak partisipasi (Participating Interest/PI) Rio Tinto dan 100 persen saham Freeport McMoran di PT Indocopper Investama. 

PI Rio Tinto di PTFI sebesar 40 persen, sedangkan saham Indocopper 9,36 persen. 

Nantinya saham PI Rio Tinto itu akan dikonversi menjadi saham yang kemudian ditambah dengan bagian saham Indocopper supaya Inalum mendapatkan 51 persen saham Freeport Indonesia.

Baca selengkapnya: Kaleidoskop 2018: Jalan Panjang Indonesia Kuasai Freeport

https://entertainment.kompas.com/read/2018/12/26/071420210/berita-populer-sheila-on-7-dipaksa-turun-panggung-dan-penghormatan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.