Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Artis yang Paling Disorot Sepanjang 2018

Berikut ini sejumlah pesohor Indonesia yang merebut perhatian publik sepanjang 2018.

1. Via Vallen

Pada Juni 2018, Via Vallen menjadi perhatian karena menceritakan pelecehan melalui media sosial oleh seseorang yang diduga seorang pemain sepak bola terkenal.

Meski ada yang mempertanyakan keputusannya mengungkap hal itu di media sosial, ribuan dukungan mengalir kepadanya. Mayoritas publik mendukungnya karena berani bersuara.

Via Vallen kembali menjadi pembicaraan ketika drummer Superman Is Dead (SID) Jerinx menegurnya karena membawakan lagu bandnya "Sunset di Tanah Anarki" tanpa izin.

Jerinx juga menuduh bahwa Via memperkaya diri dan menghilangkan roh dari lagu miliknya tersebut. Jerinx menganggap Via tak pernah turut menyuarakan maksud dari lagu "Sunset di Tanah Anarki" tersebut.

Via kemudian meminta kepada SID. Meski demikian ia membantah telah mengambil keuntungan dari cover lagu "Sunset di Tanah Anarki".

2. Vicky Prasetyo dan Angel Lelga

Vicky Prasetyo dan Angel Lelga membuat publik terkejut ketika mereka menikah pada 2 Februari 2018. Mereka menepis tudingan bahwa pernikahan itu "settingan" alias rekayasa untuk mencari popularitas dengan pengumuman bahwa Angel Lelga hamil.

Namun tidak lama setelah kabar bahagia itu, drama muncul satu per satu. Awalnya Angel Lelga menuduh sang suami berselingkuh. Episode itu tidak lama, karena mereka kemudian berbaikan.

Drama rumah tangga mereka mencapai babak baru. Pada September 2018, dengan air mata bercucuran Vicky mengajukan permohonan perceraian atas istrinya tersebut ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Puncaknya, Vicky menggerebek rumah Angel Lelga pada November 2018. Vicky menyebut istrinya karena saat itu Angel bersama seorang pesinetron bernama Fiki Alman.

Penggerebekan itu berlanjut dengan saling lapor ke polisi. Vicky melaporkan Angel ke Polres Metro Jakarta Selatan dengan tuduhan perzinaan, sedangkan Angel melaporkan Vicky dengan tuduhan perusakan dan memasuki area pribadi tanpa izin.

3. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani menghadapi sejumlah kasus sepanjang tahun 2018. Saat ia menjalani persidangan perkara ujaran kebencian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, sejumlah pihak melaporkannya untuk beberapa kasus berbeda.

Sebuah kelompok aktivis bernama Koalisi Bela NKRI melaporkan Dhani ke Polda Jatim. Dhani dituding melakukan ujaran kebencian karena menyebut kelompok penolak deklarasi 2019 Ganti Presiden di Surabaya dengan kata-kata "Idiot" yang ia ucapkan pada vlognya, Minggu (26/8/2018).

Dhani juga dilaporkan ke Polda Jawa Timur atas dugaan penipuan dan penggelapan. Seorang warga Sidoarjo, Jawa Timur, bernama Zaini Ilyas, menuduh Dhani tidak membayar sisa utang sebesar Rp 200 juta. Utang piutang tersebut terjadi pada 2016 lalu.

Sementara itu dalam perkara ujaran kebencian di Jakarta, Ahmad Dhani dituntut dua tahun penjara.

Di luar berbagai kasus hukum itu, Ahmad Dhani dan istrinya, Mulan Jameela, mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra.

Untuk itu mereka mengganti nama secara resmi. Dhani Ahmad Prasetyo menjadi Ahmad Dhani Prasetyo. Sedangkan Raden Wulansari menjadi Mulan Jameela.

4. Luna Maya

Kasus video porno yang melibatkan Luna Maya dan Cut Tari kembali diungkit. Sebuah lembaga swadaya masyarakat bernama Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) mengajukan permohonan praperadilan atas status tersangka dua artis itu.

LP3HI mengajukan permohonan itu untuk menghentikan penyidikan secara hukum terhadap Luna dan Cut Mini, namun pengadilan menolak permohonan tersebut sehingga mereka masih menyandang status tersangka.

Pada September lalu, kabar mengejutkan lain datang dari Luna. Hubungan cintanya dengan Reino Barack kandas. Menurut Reino, hubungan yang berjalan selama lima tahun itu tidak mendapat restu dari keluarganya.

Cerita itu juga diwarnai dengan kontroversi status "makan teman lagi hits" yang ditulis Luna di Insta Story-nya dan memicu gosip kedekatan Reino dengan penyanyi Syahrini. Namun, Luna lalu menghapus tulisan itu dan membantah kabar tersebut.

Meski di tengah masalah-masalah itu, Luna berhasil mencetak kesuksesan dengan film terbarunya, Suzzanna: Bernapas dalam Kubur. Luna dianggap berhasil menghidupkan kembali sosok sang Ratu Horor Suzzanna.

Selain itu, film Suzzanna: Bernapas dalam Kubur menjadi salah satu film terlaris sepanjang 2018.  Hingga 26 Desember 2018, film itu berhasil meraup 3.343.661 penonton.

5. Gading Marten dan Gisel

Pasangan Gading Marten dan Gisella Anastasia atau Gisel memberi kabar mengejutkan menjelang akhir tahun ini. Gisel menggugat cerai Gading pada 19 November 2018 setelah lima tahun menikah.

Sampai sekarang mereka tidak mau mengungkap penyebab perpisahan itu, namun mengakui bahwa rumah tangga mereka bermasalah sejak 1,5 tahun lalu.

Gading dan Gisel juga membantah rumor yang menyebut bahwa ada orang ketiga atau masalah ekonomi yang menjadi pemicu hingga mereka memutuskan berpisah.

Saat sidang pertama perceraian mereka digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 5 Desember 2018 Gading tidak hadir. Menurut kuasa hukum mereka, ketidakhadiran Gading sudah merupakan kesepakatan agar proses cerai itu cepat selesai.

Banyak yang menaruh simpati terhadap sikap Gading dan Gisel yang memutuskan untuk tak menunjukkan "drama perceraian" di hadapan publik. Meski sudah mengumumkan perpisahan, mereka berdua tetap akur demi anak semata wayang mereka.

5. Syahrini

Di awal 2018, pelantun “Sesuatu” ini sudah menyita perhatian saat diminta menjadi saksi untuk kasus First Travel.

Belum selesai itu, Syahrini lalu mendapat kritik akibat aksinya "melangkah manja" di bahu jalan tol Waru-Juanda di Surabaya, Jawa Timur, Senin (5/3/2018). Ia kemudin meminta maaf melalui saluran YouTube-nya.

Selanjutnya, perempuan kelahiran 1 Agustus 1977 ini kembali membuat heboh setelah adiknya, Aisyahrani, menyebut bahwa Syahrini menerima bunga dari pria berinisial H. Namun, ternyata itu sengaja diatur atau settingan belaka untuk sebuah aplikasi baru.

Tak lama setelah itu, Syahrini kembali mendapat kritik pedas dari masyarakat karena berfoto dengan pose "centil" di Holocaust Memorial di Jerman dan menyebutnya sebagai "tempat Hitler bunuh-bunuhan". Ia pun langsung memberi klarifikasi bahwa tak bermaksud menyinggung siapa pun.

Pada Juli 2018, Syahrini lagi-lagi menjadi pemberitaan setelah menjual tiket konser tunggalnya yang bertajuk Journey of Syahrini #10tahunjambulkhatulistiwa seharga Rp 25 juta untuk kategori Incess Seat. Konsernya juga menyita perhatian karena beberapa pilihan aksesoris dan baju yang nyeleneh ala Syahrini.

Dua bulan kemudian, Syahrini dirundung duka karena kematian kakaknya, Ridwan Zaelani, secara tiba-tiba akibat tersetrum listrik saat bekerja. Syahrini tampak begitu terpukul, terlebih karena belum bisa mewujudkan keinginan mendiang kakaknya untuk menikah.

Di penghujung tahun, nama Syahrini mendadak terseret dalam kandasnya hubungan asmara Luna Maya dan Reino Barack. Syahrini disebut menjalin cinta hingga akan menikah dengan Reino. Namun adik yang juga manager Syahrini, Aisyahrani, menampik kabar tersebut.

https://entertainment.kompas.com/read/2018/12/26/084219210/5-artis-yang-paling-disorot-sepanjang-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke