Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun Berganti, Pemain Utama Drama Devilish Joy Tak Kunjung Digaji

Sebelumnya pada 28 Desember, dilaporkan bahwa para aktor pendukung termasuk dua aktris utamanya, Song Ha Yoon dan Lee Joo Yeon, masih menunggu pembayaran. Menanggapi itu, Golden Thumb Pictures berjanji akan membayar gaji mereka pada 31 Desember.

Namun, agensi para aktor tersebut mengungkapkan bahwa mereka masih belum dibayar sampai hari ini, padahal tahun telah berganti.

"Kami belum menerima satu won (mata uang Korea Selatan) pun sejauh ini. Ini sampai pada titik di mana kami tidak tahu apakah bahkan kami dapat menerima bayaran nantinya," kata perwakilan agensi salah satu aktor Devilish Joy.

"Kami tidak dapat mempertahankan kepercayaan kami ketika tanggal pembayaran yang dijanjikan sebelumnya bahkan tidak terpenuhi. iHQ, MBN, Dramax, dan Golden Thumb masih belum mengambil tindakan aktif,” tambahnya.

Sebelum berjanji membayar gaji pemainnya pada akhir 2018, dua bulan sebelumnya, Golden Thumb Pictures menyatakan pembayaran akan selesai pada November tahun lalu. Namun, dilaporkan bahwa belum semua pemeran mendapat bayaran.

Sementara aktor Choi Jin Hyuk dan Hoya (Lee Ho Won) disebut telah mendapatkan upah mereka, lawan main mereka Song Ha Yoon dan Lee Joo Yeon masih menunggu pembayaran.

“Dampak pembayaran para pemain Devilish Joy yang luar biasa itu lebih besar daripada yang orang kira. Secara khusus, agensi mereka membayar para staf selama periode pembuatan film drama karena aktor utama tidak menerima satu sen pun. Jumlah kerugian mencapai puluhan juta won," kata seorang sumber.

Biasanya, upah untuk drama dibayarkan tiga kali, yakni sebelum shooting, selama shooting, dan pada akhir drama. Untuk biaya penata rambut, makeup, pakaian, mobil, dan manajer para aktor yang digunakan selama setidaknya tiga bulan ketika drama ini difilmkan diperkirakan menghabiskan puluhan juta won.

Uang untuk ini biasanya disediakan bersama upah para aktor, namun sampai shooting drama berakhir, belum ada pembayaran yang diberikan oleh rumah produksi. Sehingga agensi masing-masing aktor tidak punya pilihan selain membayar semuanya.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/01/02/120354210/tahun-berganti-pemain-utama-drama-devilish-joy-tak-kunjung-digaji

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke