Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gerah Artisnya Tak Digaji Berbulan-bulan, JYP Entertainment Akan Tuntut Devilish Joy

Agensi itu berniat menuntut pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap honor para pemain drama tersebut.

"Kami berencana untuk mengambil semua tindakan hukum yang memungkinkan," kata pihak JYP Entertainment.

"Termasuk tuntutan hukum perdata dan pidana terhadap pihak-pihak yang berafiliasi dengan upah yang belum dibayar untuk pemain Devilish Joy," tambahnya.

Selain Song Ha Yoon, lawan mainnya aktris Lee Joo Yeon serta beberapa aktor pendukung lainnya juga sampai saat ini belum menerima gaji mereka.

Golden Thumb Pictures selaku rumah produksi Devilish Joy sebenarnya sudah berjanji untuk membayar upah pemain-pemainnya pada 31 Desember. Namun, agensi para aktor tersebut mengungkapkan bahwa mereka masih belum dibayar sampai hari ini.

Padahal seharusnya, upah untuk drama dibayarkan tiga kali, yakni sebelum shooting, selama shooting, dan pada akhir drama.

"Kami belum menerima satu won (mata uang Korea Selatan) pun sejauh ini. Ini sampai pada titik di mana kami tidak tahu apakah bahkan dapat menerima bayaran nanti," kata perwakilan agensi salah satu aktor Devilish Joy.

Sebelumnya, Golden Thumb Pictures telah memberikan penjelasan mengenai penyebab gaji beberapa pemain drama itu belum dibayar hingga kini.

"Kami sebelumnya mengirim pembayaran, namun karena kesalahan uang masuk ke akun lain dan kami berada di proses penyelesaian itu," kata seorang sumber dari pihak Devilish Joy.

Sehubungan dengan aktor Choi Jin Hyuk yang pembayarannya sudah lunas, mereka mengklarifikasi bahwa itu murni karena perjanjian dalam kontrak, bukan karena nepotisme atau hal lain.

"Tidak benar bahwa pembayaran penuhnya diberikan karena koneksi dengan agensinya. Alasannya hanya karena ada syarat dalam kontraknya bahwa ia harus menerima pembayaran penuh sebelum pertunjukan ditayangkan," ucap perwakilan rumah produksi tersebut.

Sementara perusahaan penyiaran iHQ yang terlibat dalam produksi mengatakan bahwa semua upah yang harus dibayar telah ditransfer ke Golden Thumb Pictures.

"Upah di kontrak antara Golden Thumb Pictures dan para aktor, jadi ini adalah masalah yang harus diselesaikan oleh Golden Thumb Pictures," ujar perwakilan iHQ.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/01/02/133140710/gerah-artisnya-tak-digaji-berbulan-bulan-jyp-entertainment-akan-tuntut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke