Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gelar Sarjana 6 Member Boyband Highlight, B2ST, dan BTOB Dicabut

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan Korea Selatan mencabut atau membatalkan gelar sarjana enam idola K-pop dari boyband Highlight, B2ST, dan BTOB.

Mereka adalah Kikwang, Junhyung, dan Doojoon "Highlight", Hyunseung "B2ST", serta Eunkwang dan Sungjae "BTOB".

Gara-garanya, Universitas Dongshin tempat keenam idola K-pop itu meraih gelar pendidikan dinyatakan bersalah memberikan perlakuan istimewa terhadap mereka.

Pada 14 Januari 2019, Kementerian Pendidikan mengadakan dengar pendapat di Universitas Dongshin dan Universitas Busan Kyungsang. Selama audiensi, Universitas Dongshin mengakui bahwa para siswa selebritas itu dinyatakan hadir padahal mereka tidak berada di kelas.

Sebagai gantinya, mereka dengan mengikuti kuliah melalui metode siaran atau broadcast sebagai tanda kehadiran.

Namun, tidak ada protokol mengenai hal itu sebelum 2015. Tak ada regulasi apa pun yang  mengatur bahwa mahasiswa dapat terhitung menghadiri perkuliahan dengan cara lain, selain berada di kelas.

Karena itu, Kementerian Pendidikan memutuskan bahwa kehadiran para idola K-pop tersebut tidak dapat diterima.

Selain mereka, penyanyi folk bernama Choo Ga Yeol juga mengalami hal serupa. Dia tidak hanya akan kehilangan gelar sarjana, tetapi juga statusnya sebagai profesor.

Kementerian Pendidikan telah memutuskan untuk membatalkan derajat semua ketujuh mahasiswa itu. Universitas Dongshin juga diminta untuk memberikan hukuman berat kepada seorang mahasiswa, hukuman ringan untuk sembilan mahasiswa, dan peringatan untuk enam mahasiswa.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/01/14/122606310/gelar-sarjana-6-member-boyband-highlight-b2st-dan-btob-dicabut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke