Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kingdom Tayang Perdana Hari Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Jumat (25/1/2019) Netflix meluncurkan serial orisinalnya yang pertama dari Korea Selatan, Kingdom. Menghadirkan Ju Ji-hoon dan Bae Doona sebagai pemeran utama, Kingdom mengisahkan tentang sebuah kerajaan di zaman dinasti Joseon yang dipenuhi oleh korupsi, keserakahan, dan kelaparan.

Dinasti Joseon sendiri merupakan salah satu dinasti Korea yang berlangsung sekitar lima abad sejak 1392.

Cerita berawal dari rumor mengenai kematian sang raja akibat wabah aneh yang membuat orang yang terinfeksi menjadi tidak bisa mati dan lapar akan daging, atau sebutan lainnya adalah zombie.

Putra Mahkota Lee Chang (Ju Ji-hoon) yang menjadi korban konspirasi akhirnya memulai perjalanan untuk mengungkap kejahatan di balik wabah tersebut dan menyelamatkan rakyatnya.

Tidak hanya diperankan oleh aktor dan aktris Korea yang sudah dikenal di berbagai belahan dunia, Kingdom juga merupakan sebuah kolaborasi dari sutradara dan penulis cerita terbaik Korea, Kim Seong-hun dan Kim Eun-hee.

"Kami menyatukan cerita tentang zombie sebagai makhluk yang mengerikan dengan keanggunan latar dinasti Joseon. Kami berharap dua aspek yang kontras ini menjadi salah satu kekuatan estetika dalam Kingdom," jelas sutradara Kim Seong-hun.

Terbagi menjadi enam episode di season 1, berikut fakta-fakta menarik di balik serial orisinal Netflix Kingdom:

Proses produksi yang penuh tantangan

Sebagai serial kolosal yang mengambil latar di era dinasti Joseon, sutradara dan para kru Kingdom memiliki tantangan tersendiri untuk ‘menghidupkan kembali’ era dinasti Joseon ke dalam adegan-adegan Kingdom.

Mulai dari kostum, bangunan, hingga dialog yang dipakai, semuanya melalui proses kajian sejarah yang panjang serta persiapan yang rumit. Salah satu adegan di episode 4 Kingdom bahkan melibatkan 1.300 aktor dan kru yang syuting di malam hari di musim dingin.

Bukan tentang cinta

Berbeda dari serial dan film Korea lainnya yang sering kali memasukkan unsur drama percintaan dalam cerita, Kingdom tidak menyisakan ruang untuk hal tersebut.

"Saya ingin berfokus pada cerita mengenai kelaparan. Di era dinasti Joseon, banyak orang yang menderita kelaparan, namun rezim yang berkuasa tetap menyiksa mereka dengan memungut pajak atas hasil tani mereka. Saya rasa zombie sangat tepat untuk menggambarkan rasa lapar yang menyedihkan karena indera yang tersisa dalam diri mereka hanyalah nafsu untuk makan," jelas penulis cerita Kingdom Kim Eun-hee.

Tangan-tangan profesional di balik zombie yang menakutkan

Melalui Kingdom, Kim Eun-hee ingin menampilkan emosi kesedihan ketika rakyat miskin berubah menjadi zombie akibat wabah yang misterius. Oleh sebab itu, tampilan zombie dalam Kingdom dibuat dengan menakutkan sekaligus menyisakan pertanyaan bagi orang-orang yang pertama melihatnya: apakah mereka pasien yang terjangkit wabah? Atau zombie?

Untuk memenuhi ekspektasi tersebut, sutradara Kim Seong-hun menggandeng art director Lee Hwo-kyoung yang memenangkan Best Art Direction dalam Blue Dragon Film Awards ke-38. Keduanya juga bekerja sama dalam film Kim Seong-hun sebelumnya, Tunnel.

Selain itu, kostum zombie didesain oleh costume designer Kwon Yoo-Jin yang sudah berpengalaman untuk pembuatan kostum film-film drama sejarah seperti The Admiral, Masquerade, dan War of Arrows.

"Para aktor zombie dalam Kingdom sangat profesional. Mereka juga melalui latihan intensif selama dua bulan untuk mempelajari karakter zombie dalam Kingdom," ujar Kim Seong-hun.

Aktor dan aktris dengan 10 juta penonton

Tahun lalu, Ju Ji-hoon dinobatkan sebagai aktor dengan penjualan tiket tertinggi yang melebihi target sepuluh juta penonton untuk film Along with the Gods. Begitu juga dengan Bae Doona yang beberapa tahun lalu sukses dengan sepuluh juta penonton untuk film The Host.

Bae Doona juga terkenal dengan aktingnya dalam beberapa serial dan film seperti Tunnel, Stranger, Matrimonial Chaos, dan serial orisinal Netflix Sense 8.

Ryu Seung-yong juga menjadi aktor Korea pertama yang filmnya sukses ditonton oleh 10 juta penonton, yaitu Masquerade dan Miracle in Cell No. 7. Perpaduan trio dengan kesuksesan sepuluh juta penonton ini menjadikan Kingdom sebagai serial yang ditunggu-tunggu di awal 2019.

Serial pertama yang memasangkan Ju Ji-hoon dan Bae Doona

Nama Ju Ji-hoon dan Bae Doona telah dikenal dan dicintai para penggemar dari berbagai negara. Namun, keduanya belum pernah bermain dalam satu serial bersama hingga Kingdom.

Perpaduan Ju Ji-hoon yang penuh kharisma dan keberanian sebagai Putra Mahkota Lee Chang dan Bae Doona yang bijak dan pantang menyerah sebagai tabib Seo-bi menjadi dua karakter yang paling ditunggu dalam Kingdom.

"Seo-bi adalah seorang tabib di sebuah klinik kecil bernama Jiyulheon yang jauh dari ibu kota. Seo-bi sangat tangguh dan pantang menyerah untuk membongkar apa yang terjadi. Dia bahkan tidak pergi meninggalkan tempat itu meskipun sudah terjangkit zombie," jelas Bae Doona tentang karakternya dalam Kingdom.

Serial pertama Kim Seong-hun

Kingdom merupakan serial pertama sekaligus cerita kolosal pertama yang disutradarai oleh KIm Seong-hun.

"Saat saya menyutradarai Tunnel, saya selalu terpikir untuk membuat serial. Alasan utama saya menyutradarai Kingdom adalah karena saya ingin mencoba sesuatu yang baru dan ternyata memang sangat berbeda dengan menyutradarai film. Namun, alasan yang lebih utama adalah karena saya bisa bekerja sama dengan Kim Eun-hee dan Netflix di Kingdom," ujar Kim Seong-hun.

Menariknya, Kingdom menjadi kolaborasi kedua Kim Seong-hun dan Bae Doona setelah Tunnel.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/01/25/172654110/kingdom-tayang-perdana-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke