Salin Artikel

Industri K-Pop Diprediksi Bisa Hancur jika Tetap Serupa

Hal tersebut ia sampaikan saat memberi kuliah umum di Korea tentang K-Pop dari perspektif China baru-baru ini.

“K-Pop akan hancur sendiri selama sistem produksi idola terus berlanjut. Grup K-Pop memiliki wajah dan musik yang serupa. Bisa memakai koreografi yang sama untuk lagu yang berbeda dan itu akan terlihat tak berbeda," kata Billy.

"Jika kita terus melakukan hal yang sama, itu pasti akan membosankan. Kita tidak bisa makan makanan yang sama setiap hari. Kita pasti mulai mencari sesuatu yang berbeda," tambahnya.

Dia mencatat bahwa popularitas K-Pop baru-baru ini mengalami penurunan tajam karena masalah politik, tetapi dia percaya persoalan utamanya sebenarnya terletak pada musiknya.

Billy Koh mengakui bahwa produser musik Korea merupakan para musikus paling berbakat di dunia. Namun, ia juga berpendapat K-Pop perlu menemukan diferensiasi atau perbedaan antara idola-idola mereka agar bisa berumur panjang.

“Tentu saja, kualitas produksi musik Korea sangat bagus. Ini jauh lebih baik daripada China. Intinya adalah apakah produser yang luar biasa ini akan terus membuat lagu yang sama untuk para idola?" kata Billy.

"Sudah waktunya bagi K-Pop untuk menampilkan berbagai jenis lagu seperti yang dilakukan Taylor Swift dan Bruno Mars. Sangat penting bagi investor untuk berpikir itu keputusan yang tepat atau tidak berinvestasi pada idola-idola yang serupa," sambungnya.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/01/27/082445910/industri-k-pop-diprediksi-bisa-hancur-jika-tetap-serupa

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.