Salin Artikel

Michelle Ziudith Akui Banyak Salah Saat Berdialog dalam Bahasa Jawa Halus

"Lumayan banyak salahnya. Kalau ditonton mungkin cuma kelihatan dialognya bentar, tapi itu berlembar-lembar," kata Michelle dalam gala premiere film Calon Bini di Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu (6/2/2019).

Michelle merasakan bagaimana sulitnya melafalkan bahasa Jawa yang halus dalam setiap dialog.

"Sulit ya karena saat di lokasi, bahasa Jawanya beda sama yang udah dipelajari selama satu bulan," ucap Michelle

"Kata-katanya ternyata harus disesuaikan sama keadaan, perbedaan itu tipis tapi mana yang paling nyaman dipakai. Aku sudah pelajari banyak, tapi diubah last minute itu susah sih," imbuhnya.

Belum lagi saat ia harus berdialog dengan lawan mainnya yang mahir berbahasa Jawa.

"Tek-tokan sama yang udah fasih berbahasa Jawa kadang ada yang bilang ini salah, yang benar ini, terus dibilang ini sudah benar cuma kromonya (bahasa Jawa halus) gini. Jadi bingung," ujarnya.

Beruntung Michelle dibantu oleh beberapa pemain yang berasal dari Jawa dalam berdialog.

"Banyak diskusi sama Om Marwoto, sama Om Slamet, Mas Butet, diajarin ini di skenario salah. Kalau break kan sering ngumpul makan bareng, sekalian pegang skenario buat latihan, nggak cuma saat take, tapi istirahat berbahasa Jawa," ucapnya.

Selain Michelle Ziudith film Calon Bini juga diperankan oleh Rizky Nazar, Slamet Raharjo, Niniek L Karim, Cut Mini, Marwoto, Dian Sidik, Minati Atmanegara, Butet Kerrtaradjasa, Ramzi, Maya Wilan, Yuniza Icha dan Antonio Blanco Jr.

Film karya Asep Kusdinar ini akan tayang tepat di hari kasih sayang yakni, 14 Februari mendatang.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/02/07/211431010/michelle-ziudith-akui-banyak-salah-saat-berdialog-dalam-bahasa-jawa

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.