Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Film Kucumbu Tubuh Indahku Tayang di Bioskop pada Maret 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Kucumbu Tubuh Indahku karya sutradra Garin Nugroho akan tayang di bioskop Indonesia pada Maret 2019.

Sebelum tayang di Indonesia, film garapan rumah produksi Fourcolours tersebut sudah diputar di Venice International Film Festival pada Agustus 2018 lalu, sekalgius menjadi world premiere.

"Film Kucumbu Tubuh Indahku direncanakan akan mulai tayang pada bulan Maret 2019 di bioskop Indonesia," demikian keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (14/2/2019).

Kucumbu Tubuh Indahku menjadi film panjang ke-19 karya Garin Nugroho. Film ini bercerita tentang Juno, seorang penari lengger yang berasal dari desa kecil di Jawa.

Juno kecil terpaksa harus hidup sendiri sejak ditinggal pergi oleh ayahnya. Di tengah kesendiriannya, Juno bergabung dengan sanggar tari Lengger. Sejak itu, Juno hidup berpindah-pindah tempat, dari satu desa ke desa yang lain.

Seiring perjalanannya menjadi dewasa, Juno mendapat perhatian dan kasih sayang dari beberapa orang terdekat di sekelilingnya. Ada guru tarinya, bibinya yang seorang penjual ayam, pamannya yang seorang penjahit, seorang petinju, dan seorang warok.

Semua pengalaman yang dilaluinya membuat Juno memiliki sebuah perjalanan hidup yang membawanya kepada pemahaman akan keindahan hidup.

Cerita dalam film ini sendiri diangkat dari kisah hidup seorang penari dan koreografer bernama Rianto. Rianto juga bermain dalam film Kucumbu Tubuh Indahku sebagai Juno dewasa.

Selain itu, karakter Juno juga diperankan oleh dua aktor lain, yaitu Muhammad Khan sebagai Juno Remaja dan Raditya Evandra sebagai Juno kecil. Selain kisah hidup Rianto, kisah kelompok-kelompok tari di Jawa juga menjadi inspirasi cerita dalam film ini.

Film ini juga melibatkan beberapa pemain seperti, Sujiwo Tejo (guru lengger), Teuku Rifnu Wikana (bupati), Randy Pangalila (petinju), Whani Dharmawan (warok), Endah Laras (Bibi Juno) dan Windarti (guru tari). Selain itu, musisi Mondo Gascaro menjadi pengisi tema lagu dan komposer musik dalam film ini.

Kucumbu Tubuh Indahku telah ditayangkan di beberapa event dan festival film internasional serta mendapatkan beberapa penghargaan.

Penghargaan yang didapatkan antara lain, Bisato D’oro Award Venice Independent Film Critic (Italia, 2018), Best Film pada Festival Des 3 Continents (Perancis, 2018), dan Cultural Diversity Award under The Patronage of UNESCO pada Asia Pasific Screen Awards (Australia, 2018).

https://entertainment.kompas.com/read/2019/02/14/180546110/film-kucumbu-tubuh-indahku-tayang-di-bioskop-pada-maret-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke