Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vokalis Iron Maiden Bruce Dickinson Dinobatkan Jadi Warga Kehormatan Sarajevo

Penghargaan itu diberikan kepadanya karena Dickinson membawa band solonya ke ibukota Bosnia itu pada Desember 1994. Dickinson tiba bersama konvoi bantuan yang dikawal pasukan penjaga perdamaian PBB.

Kunjungan Dickinson dan bandnya itu terjadi ketika Sarajevo masih terisolasi karena dikepung karena perang selama 44 bulan.

Penghargaan itu diserahkan kepada Dickinson oleh Wali Kota Sarajevo Abdullah Skaka.

"Kedatangan Bruce Dickinson di Sarajevo pada 1994 merupakan salah satu moment yang membuat kami di Sarajevo menyadari bahwa kami akan bertahan, bahwa Kota Sarajevo akan bertahan, bahwa Bosnia-Herzegovina akan bertahan," kata Skaka saat memberi sambutan.

Upacara penyerahan penghargaan itu dilangsungkan pada Sarajevo Day, peringatan kebebasan kota itu pada 1945 saat Perang Dunia II.

Sarajevo Day juga untuk memperingati pengepungan oleh tentara keturunan Serbia yang menewaskan lebih dari 11.000 penduduk, termasuk 1.600 anak.

"Diperlukan keberanian dan rasa kemanusiaan yang besar untuk berkunjung ke Sarajevo yang hancur dan dikepung pada 1994, untuk mengatakan tidak dan menyerukan penghentian perang terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II," kata Igor Gavric, ketua dewan kota Sarajevo, pada acara tersebut.

"Kehormatan besar bagi saya dinyatakan sebagai warga kehormatan Sarajevo," kata Bruce Dickinson setelah menerima penghargaan tersebut.

"Saya rasa penghargaan ini juga milik warga Sarajevo yang masih berada di sini," lanjut dia.

Usai upacara penyerahan penghargaan itu, Dickinson mengatakan hanya itu yang bisa lakukan sebagai musisi.

"Kami tidak menghentikan peran, tetapi yang kami lakukan adalah membuat warga merasa lebih baik - hanya itulah yang bisa dilakukan semua musisi," kata vokalis berusia 60 tahun itu.

Ia berpendapat yang bisa menghentikan perang adalah para politikus, tentara atau jenderal.

"Musik berbicara kepada orang dan membuat mereka merasa lebih baik tentang kehidupan dan emosi mereka," lanjut Dickinson.

Dickinson kemudian menyempatkan berjalan-jalan di pusat kota. Ia juga menyalami warga dan memberi tanda tangan.

Setelah kunjungannya pada 1994, Bruce Dickinson kembali ke Sarajevo pada 2016. Kali ini untuk shooting film dokumenter Scream For Me Sarajevo yang disutradarai Tarik Hodzic. Film tersebut dirilis dalam bentuk DVD pada Juni 2018.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/04/08/054100810/vokalis-iron-maiden-bruce-dickinson-dinobatkan-jadi-warga-kehormatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke