Salin Artikel

Sebuah Buku Psikologi Jadi Inspirasi di Balik Album Persona Milik BTS

Namun, ARMY--nama penggemar BTS--mungkin bertanya-tanya apa arti Map of the Soul: Persona. Sebuah artikel dari BBC mencoba mengeksplorasi makna yang lebih dalam dari Map Of The Soul.

Album tersebut ternyata menggunakan sebuah buku karya Dr Murray Stein berjudul Jung's Map Of The Soul sebagai referensi. Sejak akhir tahun lalu, buku tersebut tersedia untuk dibeli di Big Hit Shop.

Buku Jung's Map Of The Soul diakui sebagai salah satu pengantar terbaik untuk konsep psikologi analitik, seperti psikologi Jung.

Stein mengenali tema-tema dari bukunya dalam lagu-lagu BTS. Contohnya, pada "Intro: Persona", RM berbicara tentang bagaimana "pujian untuk penampilannya di panggung" mencegahnya "mengatasi kekurangan" dan "mengenal dirinya yang sejati".

"'Siapa aku?' adalah pertanyaan yang aku miliki sepanjang hidupku / Dan aku mungkin tidak akan pernah menemukan jawabannya," begitu bunyi lirik rap RM dalam "Intro: Persona".

BBC menyebut bahwa lagu-lagu dalam Map Of The Soul: Persona berputar di sekitar ide mengeksplorasi identitas.

"Mikrokosmos" berbicara tentang mendapatkan harga diri dari dalam, sementara "Jamais Vu" melihat kecenderungan manusia untuk mengulangi kesalahan yang sama berulang kali.

Dalam album tersebut ada singel berjudul "Dionysus" yang merupakan lagu terakhir dari album Persona. Lagu itu menandakan para member BTS "keluar dari perangkap persona" dan "mencapai kebangkitan".

BTS memiliki kebiasaan merilis album dalam trilogi dan menurut kolumnis Billboard, Jeff Benjamin, ini bisa menjadi awal eksplorasi BTS untuk psikologi Jung.

"Jika ‘Persona’ adalah aspek pertama dari teori Jung yang mereka jelajahi, mungkin kita akan mendapatkan Map of the Soul: Shadow, yang saya harapkan akan menjelajahi sisi-sisi gelap dari jiwa-jiwa para member BTS," tulis Jeff Benjamin.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/04/20/124203010/sebuah-buku-psikologi-jadi-inspirasi-di-balik-album-persona-milik-bts

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.