Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peta Kekuatan Para Tokoh Super di "Avengers: Endgame"

FILM Avengers: Endgame menjadi salah satu film layar lebar yang banyak dinanti publik seantero dunia.

Kisah dalam film ini merupakan kelanjutan dari Avengers: Infinity War yang ditutup dengan keberhasilan Thanos melenyapkan separuh makhluk hidup di alam semesta hanya dengan jentikan jari.

Tindakan Thanos tersebut memusnahkan pula sejumlah karakter superhero favorit di jagat sinema Marvel (Marvel Cinematic Universe), seperti Spiderman, Black Panther, Doctor Strange, Winter Soldier (Bucky), Scarlet Witch, dan hampir seluruh tokoh dalam The Guardian of the Galaxy.

Selain para superhero tersebut, dua tokoh SHIELD, Nick Fury dan Maria Hill, juga lenyap menjadi debu.

Cuplikan film Avengers: Endgame memperlihatkan sejumlah tokoh yang selamat dari Infinity War berkumpul untuk memulihkan keadaan. Captain America, Iron Man, Black Widow, Hulk, Thor, War Machine, Rocket, serta Nebula dipertemukan dengan Captain Marvel, Hawkeye, dan Ant-Man.

Kira-kira, seberapa besar peluang tim Avengers yang tersisa ini untuk memenangkan pertarungan ulang melawan Thanos? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita telaah peta kekuatan di antara mereka.

Baru-baru ini, Kaggle, sebuah pusat dataset global, merilis tumpukan data dari setidaknya 700 karakter karakter komik. Karakter-karakter terbitan Marvel ada di dalamnya.

Berbekal analisis sederhana, kita bisa melihat tipe-tipe kemampuan super yang dimiliki para karakter tersebut.

Setidaknya ada enam aspek kemampuan yang digunakan sebagai tolok ukur kekuatan masing-masing superhero, yakni intelligence, strength, speed, durability, power, dan combat. Setiap aspek kemampuan memiliki rentang skor 0-100.

Fandom, sebuah situs berkumpulnya penggemar karakter Marvel memberikan penjelasan dari setiap kemampuan super tersebut. Intelligence berhubungan dengan kemampuan untuk berpikir dan memproses informasi. Strength adalah kemampuan untuk mengangkat benda berat.

Sementara speed berkaitan dengan kemampuan bergerak di atas tanah dengan berlari atau terbang. Durability adalah daya tahan dan kemampuan untuk sembuh setelah mengalami luka.

Sedangkan power berhubungan dengan seberapa besar kekuatan super yang bisa dikeluarkan dalam satu kesempatan. Terakhir, combat adalah kemampuan bertarung jarak dekat atau hand-to-hand.

Berdasarkan tabel matriks kekuatan super di atas, Thor ternyata merupakan superhero terkuat dengan skor total 570. Sang Dewa Asgard ini memiliki skor maksimum pada tiga aspek, yaitu kemampuan tempur (combat), ketahanan bertarung (durability), serta kemampuan mengeluarkan kekuatan super (power).

Hal itu cukup mencengangkan karena ternyata Thor lebih digdaya daripada Thanos, si antihero tambun yang memenangkan Infinity War.

Dalam beberapa edisi komik, Hulk pernah dikalahkan oleh Captain Marvel. Namun, berdasarkan analisis dataset, ternyata kedua karakter itu memiliki skor kemampuan yang setara, yaitu 545.

Black Widow, Captain Marvel, dan Thor dinilai memiliki kemampuan combat maksimal, yaitu 100. Sedangkan Ant-Man memiliki skor combat yang jauh di bawah tokoh superhero lainnya.

Ant-Man justru memiliki nilai sempurna (100) pada aspek intelligence seperti juga Iron Man dan sang antagonis, Thanos.


Pertarungan maut

Hulk, Thor, War Machine, dan Thanos adalah kombinasi terbaik untuk ditampilkan dalam sebuah pertempuran.

Mengapa demikian? Jawabannya jelas, yaitu karena mereka memiliki skor ketahanan (durability) maksimum (100). Artinya, mereka dapat bertempur untuk waktu yang cukup lama sebelum akhirnya terluka atau kelelahan.

Selain mereka berempat, Captain Marvel yang memiliki skor durability 95 dan Iron Man dengan level durability skor 85 juga berpotensi menimbulkan pertempuran maut yang berkepanjangan.

Tentu saja, Iron Man dan War Machine harus ekstra hati-hati karena kekuatan mereka berasal dari teknologi yang mereka gunakan, bukan kekuatan alami dari dalam tubuh.

Dari semua tokoh yang ada di dalam tabel, terdapat enam manusia super yang memiliki skor power maksimal. Power adalah kemampuan mengeluarkan energi yang sangat besar dalam satu serangan tunggal.

Karakter yang memiliki power luar biasa adalah Captain Marvel, Hulk, Iron Man, Thor, War Machine, dan Thanos.

Berdasarkan data peta kekuatan super ini, seharusnya di atas kertas Tim Avengers memiliki peluang menang cukup besar untuk melawan Thanos.

Total skor kemampuan Thanos (515) pun lebih kecil daripada skor kekuatan Captain Marvel (545). Apalagi bila kita ingat, Thor dengan total skor 570 dan dilengkapi senjata baru (stormbreaker) terlihat mampu mengimbangi Thanos di penghujung film Infinity War.

Namun demikian seringkali hasil pertempuran tidak harus sesuai dengan hitung-hitungan di atas kertas. Hasil sesungguhnya pertempuran antara The Avengers melawan Thanos dalam Endgame hanya dapat dipastikan dengan menyaksikan langsung film tersebut.

*) Para penulis adalah pengampu mata kuliah Data Journalism. Tulisan ini dibuat sebagai bagian dari eksperimen Data Journalism di Prodi Jurnalistik, Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

https://entertainment.kompas.com/read/2019/04/24/202026910/peta-kekuatan-para-tokoh-super-di-avengers-endgame

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke