Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

I La Galigo Dipentaskan Kembali

Kegiatan maritim ini bukan hanya terabadikan dalam lagu anak “Nenek Moyangku Seorang Pelaut”, tetapi bahkan sudah dituliskan sejak abad 14 dalam Sureq Galigo.

Diceritakan bagaimana tokoh utamanya, Sawerigading, berlayar bukan hanya di sekeliling Nusantara bahkan sampai ke negeri Tiongkok untuk mempersunting seorang puteri, bernama: We Cudaiq. Bukankah hal ini menjadi indikasi bahwa orang Sulawesi Selatan sudah berlayar untuk merantau sejak zaman dahulu?

I La Galigo yang pada 3, 5, 6, dan 7 Juli 2019 akan dipentaskan di Ciputra Artpreneur juga merupakan sebuah karya yang sudah berlayar jauh, sejak world premiere-nya di Esplanade, Theatres on The Bay, Singapura pada tahun 2004.

Lakon yang disutradarai Robert Wilson ini sudah berlayar mengarungi setidaknya 9 negara dan 12 kota besar di dunia dengan pementasan terakhir di Nusa Dua Bali selama konferensi IMF.

Seni Budaya Indonesia

Sambutan internasional pada pementasan I La Galigo amat baik dan bahkan termasuk salah satu iconic works Robert Wilson dari berbagai karyanya selama puluhan tahun malang-melintang di panggung dunia.

Pementasan I La Galigo di Jakarta kali ini merupakan pementasan kali kedua setelah sebelumnya pada 2005 selama tiga hari melakukan pertunjukan di Teater Tanah Air, TMII.

Dengan jarak kurun waktu yang sedemikian jauh, amat penting agar I La Galigo kembali diperkenalkan pada generasi baru Indonesia terutama yang berdomisili di Jakarta. Apalagi sekarang mulai marak berbagai pementasan luar negeri naik panggung di Jakarta.

Sekadar mengingatkan bahwa ada pementasan Indonesia berkelas dunia dengan konsep cerita berdasarkan sebuah kitab kuno dari Bugis abad 14. Sureq Galigo  bukan hanya sekadar kitab kuno, melainkan sebuah ‘cerita’ yang telah diakui sebagai Memory of the World oleh UNESCO.

Secara langsung maupun tidak langsung, pertunjukan ini merupakan bentuk usaha pelestarian budaya Indonesia yang dapat membuka wawasan masyarakat modern sehingga akan tahu-sadar-ingat budaya yang akan menjadi salah satu rujukan untuk menghargai persamaan sekaligus mampu bertoleransi terhadap perbedaan. Selain itu tidak menutup kemungkinan akan mendorong keingintahuan masyarakat untuk lebih dalam menggali dan mempelajari naskah kuno yang belum sepenuhnya terungkap ini.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/04/27/095101310/i-la-galigo-dipentaskan-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke