Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fakta Unik Bugs Bunny, Ikon Militer AS hingga Sejarah "What's Up, Doc?"

KOMPAS.com - Bugs Bunny merupakan salah satu karakter ikonik Warner Bros yang sampai sekarang masih eksis di layar kaca. Tingkahnya yang iseng kerap memberikan gelak tawa bagi setiap penontonnya.

Penampilan perdananya muncul dalam animasi pendek "Porky's Hare Hunt" pada 81 tahun lalu.

Ketika itu, karakter ini masih dikenal dengan nama Happy Rabbit. Kelinci ini tampil dengan warna putih. Namun setelah 1940-an, namanya kian dikenal sebagai Bugs Bunny.

Berikut adalah fakta menarik dari Bugs Bunny yang perlu diketahui :

Bugs Bunny kali pertama muncul dalam serial animasi film pendek "Porky's Hare Hunt", namun belum menggunakan nama populer itu. Kelinci berwarna putih tersebut tampil bersama Porky Pig, si babi pemburu.

Terjadi pergumulan panjang antara kelinci itu dengan Porky, namun karakter kelinci dibuat memiliki watak yang cerdas dan gesit. Hasilnya setiap permasalahan selalu dimenangkannya.

Tak lama setelah film itu muncul, banyak yang menamai kelinci ini dengan sebutan Happy Rabbit.

Warner Bros melihat bahwa bebek menjadi karakter populer ketika itu. Aktor bernama Mel Blanc dipercaya sebagai orang pertama yang memberikan suara terbaiknya pada karakter itu.

Uniknya, Mel Blanc benar-benar memakan wortel ketika menyuarakan Bugs Bunny saat pengambilan suara di studio rekaman.

Selain memberikan suara pada Daffy Duck dan Bugs Bunny, Mel Blanc juga memberikan suara untuk karakter Tweety Bird.

Setelah kelinci putih tanpa nama muncul dalam serial "Porky's Hare Hunt", beberapa orang mulai memberikan nama Happy Rabbit untuk kelinci ini.

Respons positif masyarakat timbul seiring film ini banyak tayang di layar televisi. Kreator animasi lain juga membuat desain kelinci serupa untuk menarik perhatian dari penonton di layar kaca.

Ketika film "A Wild Hare" muncul pada Juli 1940 nama Bugs melekat pada karakter ikonik ini. Penamaan ternyata berasal dari sutradara "Porky's Hare Hunt", Ben "Bugs" Hardaway.

Nama Bugs Bunny digunakan sampai sekarang dan telah ditampil dengan beberapa versi film.

Maraknya film ini di layar kaca, menjadi favorit tentara AS ketika Perang Dunia II. Dia menjadi favorit di pasukan militer dan banyak tentara yang menyinggungnya. Pihak militer juga sering menjadikan karakter itu sebagai kebanggaan.

Sebagai puncaknya, dia menjadi maskot dalam Angkatan Udara AS. Bentuk dan gambarnya menghiasi instalasi militer. Sosoknya juga diangkat menjadi sersan kehormatan di Korps Marinir AS.

Selain itu, dia juga menjadi sarana propaganda militer ketika perang. Bugs Bunny muncul di beberapa celana militer AS. Sosoknya dirancang sebagai karakter untuk mendidik pasukan militer AS tentang agar tak membocorkan rahasia Amerika.

Saat itu, New York Times menulis bahwa Mel Blanc akan mengunyah wortel dan langsung memuntahkannya. Jika tidak, ia akan jatuh sakit ketika sedang rekaman.

Namun, semua isu itu adalah salah. Dia memakan wortel, mengunyah lalu membuangnya agar bisa terus merekam dialognya di studio.

6. "What's up, Doc" selamatkan nyawa

Pada 1961, Blanc memgalami kecelakaan mobil yang mengharuskannya koma selama berminggu-minggu. Sejak itu, belum ada langkah yang bisa digunakan untuk membuat Blanc siuman.

Namun, dokter kemudian melakukan hal di luar dugaan. Pelan-pelan, dokter membuat percakapan dengan Blanc.

"Bugs Bunny, bagaimana kabarmu hari ini?" tanya dokter.

Pertanyaan dari dokter akhirnya dijawab oleh Blanc dengan karakter suara Bugs.

"Ada apa, Dok?" jawab Blanc.

Setelah saat itu, dokter memberitahukan kepadanya bahwa Bugs Bunny telah menyelamatkan hidupnya.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/04/30/212107110/fakta-unik-bugs-bunny-ikon-militer-as-hingga-sejarah-whats-up-doc

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke