Salin Artikel

Denny Ertanto, WNI yang Ikut Garap Efek Visual "Avengers: Endgame"

Hal menarik, penggarapan film yang menjadi ikon jagat Marvel Studio ini ternyata juga diikuti seniman digital efek visual asal Indonesia, yakni Denny Ertanto (30).

Denny pun bercerita mengenai bagian mana saja yang digarapnya pada film Avengers: Endgame. Bagi Anda yang belum menonton, tulisan di bawah ini mengandung spoiler.

"Bagian saya di final battle di mana setelah Hulk reverse snap (menjentikkan jari, membalikkan efek jentikan Thanos). Jadi, pas bagian Avengers Headquarter (Kantor Pusat Avengers) dihancurkan Thanos pakai roketnya," ujar Denny saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (2/5/2019).

Tak hanya itu, Denny juga menggarap beberapa scene efek visual dari adegan Tony Stark atau Iron Man saat laga dramatis melawan Thanos.

Jika telah menonton, kita tentu tahu Iron Man mengorbankan diri dengan menjentikkan jari menggunakan enam batu infinity.

"Saya juga bikin bagian terakhir digital makeup Tony pas lagi terluka (setelah jentikan yang dilakukan Iron Man)," ujar Denny.

Meski ia bekerja menggarap efek visual sebelum film tersebut tayang secara resmi di bioskop-bioskop, Denny mengaku hanya beberapa scene saja yang ia ketahui.

"Yah kita cuma tahu apa yang kita tahu saja. Mungkin supervisor-nya tahu lebih banyak. Karena dia kan di meeting, most of the time," ujar Denny.

Selain itu, dalam menggarap efek visual dari Avengers: Endgame ini, Denny mengaku membutuhkan waktu sekitar satu minggu hingga lima bulan untuk mengerjakan setiap adegan yang menjadi bagiannya.

Tidak sendiri, ternyata ada WNI lain yang juga membantu dalam penggarapan efek visual film Avengers: Endgame.

"Sepengetahuan saya ada Jefri Haryono, Ronny Gani, dan ada beberapa orang lagi," ujar Denny.

Dalam credit scene, nama Jefri Haryono dikenal sebagai technical director. Sementara, Ronny Gani merupakan animator yang menggarap efek visual dan animasi film arahan sutradara Russo Bersaudara itu.

Sebelumnya, pria yang tengah mengerjakan proyek film berjudul Gemini Man ini mengaku dirinya juga terlibat dalam film Avengers: Infinity Wars.

Sejumlah scene yang digarap Denny antara lain, adegan Iron Man dan Doctor Strange (yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch) saat berada di Planet Titan.

Dilansir dari akun Twitter Denny Ertanto, @dennyert_vfx, ia menunggah twit yang mencantumkan keterlibatannya dalam tim efek visual dari film War of the Planet of the Apes (2017) yang menang dalam ajang Visual Effects Society Award.

Denny memang kerap terlibat dalam produksi film-film besar, yang bahkan masuk dalam jajaran box office.

Beberapa film ternama itu seperti Mortal Engines, Avengers: Infinity War, Maze Runner: The Death Cure, War for the Planet of the Apes, Fantastic Beasts and Where to Find Them, Fantastic Four, X-Men: Days of Future Past, Star Trek Into Darkness, dan lainnya.

Beberapa hasil film yang ikut terlibat dalam garapannya, tak luput dari pengalaman kerja Denny di MPC Montreal Kanada.

"Saya sebelumnya bekerja di Montreal Kanada pada 2013-2016," ujar Denny.

Sejumlah film yang pernah dibantu Denny dalam penggarapan efek visual ketika ia masih di MPC, yakni X-Men: Days of Future Past, Exodus: Gods and Kings, Into the Woods, Cinderella, Fantastic Four, The Martian, Pan, The Revenant, The Finest Hours, A Monster Calls, dan Fantastic Beast and Where to Find Them.

Namun, pada 2016 akhir, Denny memutuskan untuk pindah ke Weta Digital di Selandia Baru hingga saat ini.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/05/03/054300910/denny-ertanto-wni-yang-ikut-garap-efek-visual-avengers-endgame

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.