Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Ini dalam Sejarah: Goofy Diperkenalkan Walt Disney..

KOMPAS.com - The Walt Disney Company dikenal banyak menghadirkan karakter kartun populer hingga berbagai penjuru dunia. Karakter seperti Mickey Mouse, Donald Duck, atau Dumbo dan Pinokio masih menjadi karakter favorit banyak orang.

Tak hanya membuat karakter ikonik tersebut, Walt Disney juga membuat karakter lain yang diadopsi dari anjing. Dengan karakter bodoh, canggung dalam berbicara, namun rendah hati merupakan sejumlah kekhasan dari Goofy.

Karakter anjing besutan Walt Disney ini menjadi fenomena karena sering tampil bersama Mickey Mouse dan Donald Duck dalam satu film.

Hari ini 87 tahun yang lalu, tepatnya 25 Mei 1932, Goofy mulai muncul dan diperkenalkan ke publik. Walt Disney menghadirkan karakter ini untuk kali pertama dalam film animasi pendek berjudul " Mickey's Revue".

Film itu menampilkan Goofy saat menjadi penonton pertunjukan lagu dan tarian. Dalam film yang disutradarai oleh Wilfred Jackson tersebut juga terdapat Minnie Mouse, Horace Horsecollar, dan Clarabelle Cow.

Goofy digambarkan sebagai anjing tua dengan memiliki janggut dengan celana panjang. Penampilannya juga dibarengi dengan kejengkelan penonton karena ulahnya yang berisik ketika Mickey Mouse mulai memainkan pertunjukan.

Tidak lama setelah itu, karakter ini mulai ditonjolkan Walt Disney dengan mengubah penampilannya menjadi lebih muda lagi.

Seorang animator Disney bernama Art Babbit, menyampaikan gagasan untuk membuat karakter Goofy. Namun dalam perkembangannya, gambar dari gagasan itu akhirnya direalisasikan oleh Frank Webb.

Webb menjadi orang yang menggambarkan dan memberikan karakter ini dengan nama Dippy Dawg. Nama itu terus digunakan dalam beberapa film animasi pendek lainnya hingga muncul ide dari Disney untuk mengubah bentuk dan namanya.

Dippy Dawg tampil dalam empat penampilan pada 1932 dan dua penampilan pada 1933. Hingga pada pada 1934, Dippy Dawg mendapatkan nama baru yakni Goofy.

Memiliki karakter yang sama konyol namun dengan tampilan anjing berusia muda. Goffy tampil bersama teman-temannya seperti Mickey Mouse, Minnie Mouse, Donald Duck, dan Daisy Duck.

Setelah saat itu, Goofy juga sering muncul bersama Mickey dan Donald dalam film animasi lainnya. Trio ini menjadi ikon dalam film keluaran Walt Disney.

Sutradara Ben Sharpsteen juga membuat trio karakter ini sebagai film secara berkala dan menceritakan dalam satu ikatan pertemanan yang kuat.

Akhirnya Goofy tampil sendiri dalam "Goofy and Wilbur" pada 1939. Sampai saat ini, masyarakat tak lagi mengenal Dippy Dawg, hanya tahu sosok Goofy.

Bahkan, selama Perang Dunia II Goofy dirancang dan menjadi lambang maskot dari Skuadron Bombardment 602 dan 756 Skuadron Bombardment Skuadron Udara AS.

Pengisi suara

Goofy memiliki suara bernada rendah yang khas, yang awalnya oleh aktor suara Pinto Colvig. Colvig pertama kali menyuarakan karakter dari 1932-1938.

Ketika Colvig meninggalkan Disney pada 1938 untuk mengerjakan proyek-proyek lain, George Johnson menyuarakan karakter untuk periode singkat yaitu 1939-1943.

Colvig kembali ke Disney dan melanjutkan menyuarakan Goofy dari tahun 1940 hingga 1965. 

Setelah kematian Colvig, Goofy disuarakan oleh Hal Smith, Will Ryan dan Tony Pope. Sejak 1987, Goofy telah disuarakan oleh Bill Farmer.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/05/25/113318410/hari-ini-dalam-sejarah-goofy-diperkenalkan-walt-disney

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke