Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MUI dan KPI Sepakat Tahun Depan Tak Ada Acara TV Bertema Ramadhan dengan Adegan Joget

Menurut Baidlowi, MUI dan KPI telah mendiskusikan hal tersebut setelah menemukan banyaknya program televisi yang dianggap tak sesuai dengan nilai-nilai bulan Ramadhan.

Hal itu disampaikan Masduki dalam jumpa pers di kantor MUI Pusat, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2019).

"Kami sudah berembuk dengan KPI. Bahwa tahun depan tak ada acara Ramadhan yang goyang-goyang gitu, harus dibatasi, dan mengurangkan unsur erotis," ucapnya.

"Ini sudah menerapkan regulasi yang sifatnya umum atau general," ujarnya.

Hal itu, kata Masduki, terpaksa dilakukan agar kualitas tontonan masyarakat pada bulan Ramadhan bisa membaik.

"Dengan harapan akan ada kebijakan-kebijakan yang lebih bagus untuk menciptakan sebuah tontonan yang berkualitas tinggi sekaligus etika yang tinggi," ucapnya.

"Sehingga tontonan tidak menggambarkan kegampangan-kegampangan (kualitas rendah). Sehingga tidak membuat struktur pemahamaham masyarakat yang mentah menjadi semakin mentah, seperti itu," sambungnya.

Meski begitu, Masduki menambahkan bahwa MUI menyerahkan sepenuhnya kepada KPI selaku lembaga yang berwenang untuk memberikan larangan atau sanksi terhadap sebuah program televisi.

"Kita sudah menyerahkan kepada KPI yang memiliki kewenangan. Itu keputusan KPI, kami hanya memberikan masukan," imbuhnya.

Pada Ramadhan kali ini, tim pemantau MUI menemukan lima program televisi yang mendapat penilaian buruk dari tim pemantau MUI.

Program itu ialah Sahur Seger Trans7, Gado-Gado Sahur TransTV, Bukbernya Wo Banget Trans7, dan Pesbukers Ramadhan ANTV serta Sahurnya Pesbukers ANTV.

Secara keseluruhan program tersebut mendapat catatan yang sama, yakni memuat tarian erotis, percakapan bernada mesum, dan ejekan yang tidak mendidik.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/05/29/190941010/mui-dan-kpi-sepakat-tahun-depan-tak-ada-acara-tv-bertema-ramadhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke