Salin Artikel

YouTubers Raup Untung dari Perceraian Song Hye Kyo dan Song Joong Ki

Dengan alasan tidak puas dengan keterangan dari agensi kedua bintang bintang drama itu, sejumlah YouTuber di Korea membuat konten berisi "analisis" dan spekulasi tentang penyebab perceraian.

Kanal YouTube "Entertainment Editor" yang dikelola mantan jurnalis Kim Young Ho, misalnya, menggunakan judul konten "Unfaithful Wife Song?".

Judul yang spekulatif itu membuat video tersebut ditonton lebih dari 1 juta kali dalam waktu empat hari. Itu views tertinggi sejak kanal tersebut dibuka pada Januari 2019 lalu.

Kim senang karena karena lonjakan views di kanalnya. Ia mengakui mendapat keuntungan dari masalah pribadi pasangan berjuluk Song Song Couple itu.

"Ketika membuat kanal ini, saya tidak menaruh harapan terlalu tinggi tentang penonton. Aku hanya berharap mendapat 10.000 lebih subscribers," kata pria itu.

Ia bahkan khawatir jumlah itu terlalu muluk. Ternyata yang ia peroleh justru melampaui harapannya.

"Sekarang saluran saya memiliki lebih dari 200.000 pelanggan. Kejutan yang menyenangkan, tetapi jujur saya merasakan tekanan yang bertambah karena jumlah subscriber-nya terus bertambah," ungkap Kim dalam video yang ia unggah pada Minggu (30/6/2019).

Kim mengunggah dua video sejak Song Joong Ki mengumumkan perpisahannya dengan Song Hye Kyo.

Setelah "Unfaithful Wife Song", Kim berbicara tentang faktor lain di balik kandasnya rumah tangga Song Song Couple. Video kedua itu ditonton lebih dari 260.000 dalam 13 jam setelah diunggah.

Kanal YouTube lain, "Garo Sero Institute" dengan pembawa acara mantan anggota parlemen dan pengacara Kang Yong Seok juga mengalami peningkatan views setelah mengunggah konten tentang Song Song Couple.

Kanal tersebut hanya membahas dua hal, yakni hiburan dan politik.

Kang berbincang dengan mantan jurnalis Kim Se Ui ketika membicarakan pasangan tersebut dan kisah-kisah cinta mereka.

Garo Sero mengunggah video berjudul "Wrapping Up Rumors about Song Joong Ki, Song Hye Kyo, and Park Bo Gum" pada Sabtu (29/6/2019).

Video itu ditonton 350.000 views, dua kali lebih banyak dari video lain yang berbicara tentang politik di kanal YouTube itu.

Dalam konten yang ditayangkan langsung itu, Kang dan dua narasumbernya berbicara tentang ketiga pesohor itu dan gosip keterlibatan Park Bo Gum di perceraian itu. 

Kim menganggap gosip itu tidak masuk akal. Ia menduga kedua bintang bermarga Song itu tidak ditakdirkan bersama sejak awal.

Kim menilai Song Joong Ki adalah pria berkarakter dan memiliki kepribadian yang berbeda dibandingkan selebritas lain.

“Dia tidak seperti bintang top. Dia rendah hati, tindak-tanduknya baik, dan sangat sopan. Bahkan meskipun ia melejit dengan Descendants of the Sun, sikapnya tidak berubah dan masih tetap rendah hati,” kata Kim Se Ui.

Kim menuturkan, pernah ada kabar Song Joong Ki mendapat tawaran untuk bergabung dengan agensi China. Ia pun memberitakan hal itu berdasarkan wawancara dengan pihak-pihak tepercaya.

“Saya bertemu Song Joong Ki setelah berita itu. Ia marah kepada saya karena memberitakan itu. Ia menegaskan tidak pernah berniat bergabung dengan agensi China,” tutur Kim.

Menurut Kim, Joong Ki sangat serius dengan komitmennya di agensinya, Blossom Entertainment. Dia tidak ingin mengacaukan itu.

Melihat reaksi Song Joong Ki itu, ia menilai aktor itu terlalu naif dan ada sisi dirinya yang tidak cocok untuk industri hiburan.

“Pesohor itu memburu uang dan tidak ada yang menyalahkan bila mereka menjalin kontrak dengan agensi yang menyodorkan tawaran menarik. Tetapi Song tidak seperti itu,” kata Kim.

"Analisis" dan spekulasi semacam itu tidak mungkin muncul di media-media resmi karena mereka terikat kode etik jurnalistik. 

Publik yang merasa tidak terpuaskan beralih mencari sumber-sumber lain untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Hal ini dimanfaatkan oleh para pembuat konten YouTube yang memiliki keahlian dalam membuat berita dan "pengetahuan" tentang hal yang dibicarakan. (Sherly Angeline)

https://entertainment.kompas.com/read/2019/07/04/082000810/youtubers-raup-untung-dari-perceraian-song-hye-kyo-dan-song-joong-ki

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.