Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berkenalan dengan Liu Yifei, Aktris Cantik Pemeran Mulan

Meskipun Liu merupakan wajah baru bagi banyak penggemar Barat, perempuan berusia 31 tahun ini sudah menjadi aktris populer di Tiongkok dengan banyak penghargaan atas namanya.

Dilansir dari E! News dan Entertainment Weekly, ada sejumlah fakta menarik tentang Liu Yifei. Berikut daftarnya:

1. Terampil bela diri

Lulus dari Akademi Film Beijing, Liu menemukan ketenaran lewat film-film yang membuatnya mengenal seni bela diri secara intens--keterampilan yang tidak diragukan lagi akan berguna baginya memerankan Mulan--salah satunya The Forbidden Kingdom (2008).

2. Darah seni dan akademis

Ibunda Liu adalah seorang penari profesional dan merupakan salah satu pemain dalam rombongan pertunjukan terkenal di tempat kelahirannya, di Wuhan.

Sementara ayah Liu mengajar Bahasa dan Budaya Perancis di Universitas Wuhan, tempat ia menjadi profesor, sebelum bergabung dengan korps diplomatik untuk bekerja di kedutaan besar Tiongkok di Paris. Saat itu, Liu masih remaja.

Saat ini, ia adalah Dekan Institut Konfusius di Universitas Paris Diderot.

3. Kalahkan 1.000 aktris

Membuat ulang film ikonik bukanlah tugas yang mudah. Menurut The Hollywood Reporter, para casting director memulai pencarian selama setahun dan melihat hampir 1.000 kandidat di lima benua untuk mendapatkan pemeran Mulan.

Kriterianya adalah seorang perempuan muda etnis Tionghoa, memiliki keterampilan seni bela diri yang kredibel, kemampuan untuk berbicara bahasa Inggris, dan tentu saja, memiliki kualitas bintang. 

Sampai akhirnya mereka menemukan Liu, aktris populer di China yang sudah memiliki pengalaman dalam film-film aksi serta lulusan Akademi Film Beijing.

Majalah W melaporkan, kualitas lain yang membantu Liu mendapatkan perannya adalah kemampuannya berbahasa Inggris karena Liu pernah tinggal di Queens, AS, dari usia 10 hingga 14 tahun.

Dibesarkan oleh seorang ibu tunggal sejak berusia sepuluh tahun, Liu Yifei pindah ke New York, AS. Liu dan dan ibunya kemudian menetap di wilayah Queens.

Lima tahun kemudian, Liu meninggalkan Negara Big Apple itu untuk mendaftar di Performance Institute of Beijing Film Academy pada usia 15.

Sebelum Mulan, Liu berdialog dalam bahasa Inggris dalam film The Forbidden Kingdom (2008) bersama Jackie Chan dan Jet Li, serta film Outcast (2014) yang dibintangi Nicolas Cage dan Hayden Christensen.

5. Berjuluk Fairy Sister

Aktris ini dijuluki "fairy sister" atau "saudara perempuan peri" karena penampilannya yang halus dan manis dan dikelompokkan di antara aktris muda paling sukses di China. 

Liu juga disebut-sebut sebagai "Four New Dan Actresses". Istilah "Dan" secara tradisional merujuk pada aktor pria yang memerankan pwrempuan muda yang bersemangat di opera Peking, namun pada zaman modern ini maknanya menjadi aktris yang cocok dengan karakteristik yang sama.

Bintang-bintang populer lainnya yang telah mendapatkan label itu termasuk Zhang Ziyi (Crouching Tiger, Hidden Dragon) dan Fan Bingbing (X-Men: Days of Future Past).

6. Sempat diragukan

Ketika Liu kali pertama diumumkan untuk memerankan Mulan, reaksi publik cukup terbagi. Jin Yong, penulis beberapa novel wuxia yang menjadi adaptasi yang dibintangi Liu, bahkan mengkritiknya dengan mengatakan Liu "takut membuat ekspresi wajah".

Di Douban, situs China yang mirip dengan IMDb, pengguna menominasikan Liu sebagai aktris terburuk negara itu untuk tiga tahun berbeda. Namun, tampaknya trailer live-action Mulan telah membuat beberapa pengguna Twitter berubah pikiran.

7. Isi soundtrack Powerpuff Girls versi Jepang

Selain akting, Liu juga seorang model, pemain piano, dan penyanyi. Dia pernah menandatangani kontrak dengan Sony Music Entertainment Jepang pada 2005. Setahun kemudian, dia merilis album berbahasa China dan album berbahasa Jepang. 

Singelnya yang berjudul "Mayonaka no Doa" menjadi lagu tema penutup untuk 13 episode pertama Powerpuff Girls Z, sebuah serial anime Jepang yang diadaptasi pada animasi Amerika yang populer. 

Meskipun dia belum merilis album apa pun sejak 2006, Liu telah menyanyikan lagu-lagu untuk banyak filmnya yang ia bintangi, termasuk film Once Upon a Time (2017).

8. Hidup dengan 30 kucing

South China Morning Post melaporkan bahwa Liu dan ibunya bekerja sama dengan sebuah organisasi nirlaba untuk menemukan rumah baru bagi kucing terlantar.

Pada satu titik dia pernah hidup dengan lebih dari 30 kucing di apartemennya di Beijing. Dari postingan Instagram-nya, Liu adalah seorang penyayang binatang. Liu memenuhi akunnya itu dengan gambar-gambar kucing.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/07/09/095530010/berkenalan-dengan-liu-yifei-aktris-cantik-pemeran-mulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke