Salin Artikel

Rich Brian, antara Pujian Jokowi dan Kritik Dino Patti Djalal

Remaja kelahiran Jakarta pada 3 September 1999 ini mencetak sejarah sebagai artis Asia pertama yang menduduki posisi pertama di iTunes untuk musik hip hop.

Brian Imanuel, begitu nama pemberian orangtuanya, awalnya memilih Rich Chigga sebagai nama panggung. Namun, pada awal 2018 ia mengubahnya menjadi Rich Brian.

Karier Brian mulai melejit saat ia meluncurkan video musik "Dat Stick" yang kemudian viral di dunia maya. Lagunya yang berjudul "Who That Be" juga tak kalah populer.

Setelah bergabung dengan label 88+, Brian mulai melebarkan sayap ke industri musik Amerika Serikat dan pindah ke sana tahun lalu. Pada 2 Februari 2018, Brian merilis album perdananya, Amen.

Sebagai artis hip hop internasional, Rich Brian sudah mencatat prestasi yang membanggakan. Ia sudah menggelar konser di Amerika Serikat, beberapa negara Eropa, serta Australia.

Beberapa waktu lalu ia mendapat undangan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Bogor. 

Namun tiba-tiba, mantan duta besar Indonesia untuk AS, Dino Patti Djalal, menulis twit yang menyatakan Rich Brian bukan panutan bagi anak-anak Indonesia.

Berikut ini rangkuman Kompas.com tentang pujian dan kritik terhadap Rich Brian. 

Diundang ke Istana

Presiden Jokowi menerima Brian di Istana Bogor, Minggu (7/7/2019). Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Rich membahas perkembangan musik di Tanah Air.

"Tadi ngobrolin tentang musik dan album saya berikutnya," kata Brian seusai diterima Presiden di ruang kerja di Istana Bogor.

Brian mengaku baru pertama kali masuk Istana dan bertemu Presiden. Dalam pertemuan itu, Brian juga diajak berkeliling Istana Bogor dan melihat domba-domba milik Presiden.

Brian mengatakan, sebelum melakukan pertemuan di ruang kerja Presiden, ia mengaku diajak keliling Istana Bogor oleh Jokowi.

"Tadi jalan-jalan keliling Istana dan lihat domba (milik presiden)," kata Brian.

Dalam pertemuan itu, Presiden didampingi Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan beberapa tokoh nasional, seperti Wishnutama.

Pujian Jokowi

Presiden Joko Widodo melemparkan pujian kepada penyanyi rap Indonesia yang berkarier di Amerika Serikat, Rich Brian.

Pujian itu disampaikan Jokowi saat menerima Rich Brian di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/7/2019).

"Kenal Rich Brian - rapper yang jadi artis Asia pertama yang mampu memuncaki tangga album iTunes untuk musik hiphop? Nama sebenarnya Brian Imanuel Suwarno. Ia memang anak muda asal Indonesia yang membanggakan kita. Hari ini, Brian yang tercantum dalam 'Forbes 30 Under 30: 2018' bertandang ke Istana Bogor. Kami berbincang soal karier Brian sendiri, juga tentang industri musik Tanah Air," tulis Jokowi dalam akun Instagram-nya @jokowi.

"Maaf, walaupun ia mungkin berprestasi, saya sbg seorang ayah memandang rapper diaspora Rich Bryan BUKAN panutan / tauladan bagi pemuda Indonesia, mengingat tweetnya yg sering bernada jorok, porno, kasar dan kadang merendahkan wanita," tulis Dino.

Lewat sebuah tangkapan layar, Sonia mengunggah twit Dino yang dituliskan pada 20 April 2018 lalu.

Tanpa berkomentar apa pun, dalam tangkapan layar tersebut, Dino pernah mencari Brian untuk menjadi pembicara dalam sebuah forum.

"We are trying to find Indonesian rapper @richbrian to invite him to speak at Supermentor Los Angeles end of April, along with me and @ridwankamil. Can anyone help?" tulis Sonia pada akunnya, @SoniaEryka.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf pun ikut menanggapi dengan sebuah komentar singkat, "Uhuk!".

Saat dihubungi Kompas.com terkait nimbrungnya dalam komentar tersebut, Triawan punya alasan.

"Saya enggak mau komentarlah. Lucu aja. Komentarnya gitu aja," kata Triawan.

Alasan Dino mengkritik

Lewat akun Twitter-nya, @dinopattidjalal, ia mengatakan bahwa musisi tidak pantas berkata jorok meskipun berprestasi.

"Re kontroversi RichBrian, masalahnya simpel: apakah seorang musisi berprestasi boleh bebas berkata jorok/kotor dlm medsos yg pasti dibaca+ditiru anak2 kecil yg mengidolakannya?" tulis Dino.

"Sbg kllarifikasi thdp pernyataan sahabat sy Ali Mochtar Ngabalin dan @Triawan, sy memang pernah berpikiran undang Rich Brian u/ bicara di Supermentor, nmn begitu sy baca tweetnya yg umbar kata2 jorok, niat itu sy batalkan. Akhirnya Supermentor LA menampilkan tokoh2 lain," tulis Dino pada akun Twitter-nya @dinopattidjalal.

"Saya lihat dia pribadi yang baik hati, rendah hati, bukan rendah diri, pekerja keras, kualitas-kualitas itu yang harusnya dilihat," kata Triawan.

Triawan mengatakan bahwa pengaruh rapper Rich Brian sejauh ini positif. Tidak perlu ada rasa khawatir seperti yang diungkapkan oleh mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal.

"Lihat deh komentar orang-orang selama ini tentang Rich Brian. Apakah ada yang menjadi jelek? Semuanya bangga," ujar Triawan.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/07/19/090847810/rich-brian-antara-pujian-jokowi-dan-kritik-dino-patti-djalal

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.