Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fakta Rich Brian di Tengah Pujian dan Kritikan...

KOMPAS.com – Sosok rapper muda kelahiran Jakarta, Rich Brian, kembali menjadi perhatian. Beberapa hari lalu, ia diundang Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, Jakarta.

Berbagai hal diperbincangkan Rich Brian dan Jokowi, mulai dari perbincangan soal musik hingga puja-puji yang diberikan untuk musisi muda itu.

Nama Rich Brian tak hanya kali ini menjadi perbincangan. Medio 2018, namanya mencuat karena masuk sebagai salah satu dari 30 pemuda berpengaruh di Asia versi majalah Forbes.

Kala itu, ia menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia yang masih berusia 18 tahun.

Sejumlah fakta mengenai Rich Brian pun menarik perhatian.

Anak muda kelahiran Jakarta, 3 September 1999 ini pertama kali melejit setelah merilis video klip lagu di album perdananya, "Amen" yang berjudul "Dat $tick". 

Video klip itu menjadi kontroversi, sehingga penyanyi hip-hop yang saat itu menggunakan nama panggung Rich Chigga ini ramai menjadi obrolan ketika itu.

Hingga saat ini, video klip berdurasi 2 menit 9 detik itu sudah ditonton lebih dari 123 juta kali sejak diunggah 3 tahun silam.

Lagu yang sama pernah merajai tangga lagu iTunes untuk kategori musik hip hop.

Rich Brian menjadi penyanyi asal Asia yang pertama kali mampu mencapai posisi ini.

Perlahan tapi pasti, namanya semakin dikenal di kancah internasional dan hingga kini ia menetap dan berkarier di Amerika Serikat.

Prestasi lain dari seorang Rich Brian, sosoknya pernah dua kali muncul di papan iklan elektronik di salah satu persimpangan tersibuk di dunia, Time Square, New York, Amerika Serikat dalam sebuah papan iklan.

Selain itu, fotonya juga pernah terpampang di halaman depan media LA Times edisi 11 Februari 2011 untuk artikel berjudul “Straight Outta Asia”.

Pada 17 Agustus 2019, Brian akan tampil dalam festival musik dan seni di Amerika Serikat  Head in The Clouds dan berbagi panggung dengan grup boy band ternama asal Korea Selatan iKON.

Di luar semua catatan prestasi dan karyanya, Brian juga dikenal aktif di media sosial seperti Twitter dan Instagram.

Ia kerap menuangkan pikirannya terkait kehidupan sehari-hari juga mempromosikan musik dan karya-karyanya dalam bahasa Inggris ala anak-anak muda.

Sesekali, ia juga menyertakan kata-kata bernada umpatan dalam unggahannya.

Pujian dan kritik

Setelah bertemu Presiden Jokowi, nama Rich Brian tak berhenti diperbincangkan. Selang beberapa hari setelah ke Istana, mantan Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Dino Patti Djalal memberikan penilaiannya terhadap sosok Brian.

Baginya, Brian tak patut dijadikan panutan anak muda.

“Maaf, walaupun ia mungkin berprestasi, saya sbg seorang ayah memandang rapper diaspora Rich Bryan BUKAN panutan / tauladan bagi pemuda Indonesia, mengingat tweetnya yg sering bernada jorok, porno, kasar dan kadang merendahkan wanita,” tulis Dino melalui Twitter-nya @dinopattidjalal.

Cuitan ini pun memunculkan pro-kontra antara mereka yang merasa setuju juga tidak setuju dengan pendapat Dino.

Sebelumnya, saat bertemu Presiden Jokowi, Brian, yang bernama asli Brian Imanuel Soewarno ini, mendapatkan pujian dari Jokowi.

Ia mengenalkan pemilik lagu “History” sebagai anak muda yang sudah memiliki banyak prestasi di kancah internasional dan membanggakan bagi Indonesia.

“Kenal Rich Brian - rapper yang jadi artis Asia pertama yang mampu memuncaki tangga album iTunes untuk musik hiphop? Nama sebenarnya Brian Imanuel Suwarno. Ia memang anak muda asal Indonesia yang membanggakan kita. Hari ini, Brian yang tercantum dalam 'Forbes 30 Under 30: 2018' bertandang ke Istana Bogor. Kami berbincang soal karier Brian sendiri, juga tentang industri musik Tanah Air,” ucap Jokowi.

(Sumber: Kompas.com/Kurnia Sari Aziza, Andi Muttya, Irfan Maullana, Tri Susanto Setiawan)

https://entertainment.kompas.com/read/2019/07/19/175036510/fakta-rich-brian-di-tengah-pujian-dan-kritikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke