Salin Artikel

Kabar Perselisihan Sony dan Disney yang Berujung Keluarnya Spider-Man dari Marvel

Berakhirnya kemitraan Sony dan Marvel bakal meredupkan prospek kemitraan Spider-Man di Marvel Cinematic Universe (MCU).

Perselisihan tersebut berimbas pada Sony Pictures yang selama ini memiliki hak cipta untuk Spider-Man memutuskan berpisah dengan MCU. Kevin Feige pun tidak bakal terlibat dalam pembuatan film tersebut di masa mendatang.

Berikut rangkuman fakta hengkangnya Spider-Man dari Marvel Cinematic Universe.

Bagi hasil dan biaya produksi

Dilaporkan Deadline, perselisihan Sony dengan Marvel Studios milik Disneyberkaitan dengan perjanjian kerja sama. Pasalnya, Disney meminta film Siper-Man berikutnya dengan biaya 50-50 dengan Sony. Namun, Sony menolak hal tersebut.

Sony justru memberikan tawaran untuk menjaga kesepakatan saat ini, di mana Marvel menerima di kisaran 5 persen dari first dollar gross (persentase pendapatan kotor box office di hari pertama rilis flim).

Disney pun menolak penawaran tersebut. Dalam kerja sama saat ini, Marvel adalah pihak yang mengelola seluruh merchandising di Spider-Man.

Kevin Feige tak terlibat lagi sebagai produser

Saat ini, dua film Spider-Man dengan Tom Holland dan disutradai John Watts tengah dalam proses pengembangan. Namun, mereka tidak lagi dibimbing oleh Presiden Marvel Studios Kevin Feige sebagai produser film tersebut.

Sony Pictures menyebut, Presiden Marvel Studios Kevin Feige tak akan lagi menjabat sebagai produser film-film Spider-Man berikutnya.

Sony menyayangkan hengkangnya Feige yang disebut sebagai keputusan dari pihak Disney.

"Banyak berita hari ini tentang Spider-Man telah menyalahartikan diskusi baru-baru ini tentang keterlibatan Kevin Feige dalam waralaba," tulis Sony Pictures di akun Twitter mereka, seperti dikutip Kompas.com, Rabu (21/8/2019).

"...(Kami) menghormati keputusan Disney untuk tidak membuatnya (Kevin Feige) melanjutkan (tugas) sebagai produser utama dari film live-action Spider-Man kami berikutnya," imbuh mereka.

Akan tetapi, dalam keterangannya itu, Sony sama sekali tidak menyinggung nasib Spider-Man dalam Marvel Cinematic Universe, akan tetap di sana atau keluar.

Rajai trending Twitter

Tanda pagar #SaveSpiderMan sempat menjadi trending topic nomor 1 di Twitter, Rabu (21/8/2019) kemarin. Pantauan Kompas.com pada pukul 09.00 WIB (21/8/2019), ada lebih dari 33 ribu twit yang menyertakan tagar #SaveSpiderMan.

Tagar Save Spider-Man merajai linimasa media sosial Twitter setelah beredar kabar pahlawan super itu tak lagi bergabung dengan Marvel Cinematic Universe (MCU).

Selain itu, tagar #sony juga sempat bertengger di nomor dua trending topic, disusul Tom Holland, Disney, dan Spidey pada Selasa kemarin.

Banyak yang kecewa dengan keputusan Sony tersebut.

Dua kenangan sudah terukir

Setidaknya, meski prospek film Spider-Man masih abu-abu bersama MCU, setidaknya mereka sudah memiliki kenangan bersama.

Sejauh ini sudah ada dua film Spider-Man yang digarap oleh MCU, yakni Spider-Man: Homecoming (2017) dan Spider-Man: Far From Home (2019), keduanya diperankan oleh Tom Holland.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/08/22/104818810/kabar-perselisihan-sony-dan-disney-yang-berujung-keluarnya-spider-man

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.