Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Autisme, Dian Sastro Panggil Putranya ke Atas Panggung

Dian Sastro membagikan kisahnya itu dalam acara Special Kids Expo (SPEKIX) 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (24/8/2019).

Di tengah pembicaraan, Dian memanggil Shailendra ke atas panggung.

"Shailendra boleh enggak ke atas sebentar," kata Dian di atas panggung pembicara.

Shailendra yang mengenakan baju putih lengan panjang langsung berlari ke atas panggung dan disambut tepuk tangan penonton yang hadir.

Dian Sastro kemudian mengajak bicara putranya itu.

"Halo teman-teman, jadi ini anak saya Shailendra. Kamu kelas berapa Shailendra, coba ceritakan?" tanya Dian Sastro sambil memangku Shailendra.

"Aku kelas 3," jawab Shailendra.

Dian menceritakan, meski memiliki kebutuhan khusus, Shailendra kini sudah seperti anak lainnya setelah menjalani serangkaian terapi hingga usia 5 tahun. Saat ini Shailendra sudah dinyatakan tak perlu terapi.

"Dia di sekolah normal, bersama teman-teman yang lain. Dia tidak memiliki kesulitan belajar. Alhamdulillah. Dia pintar," kata Dian.

Di atas panggung, Dian juga mengajak Shailendra bercerita. Mulai dari teman-teman di sekolah hingga kegiatan yang disukai.

Shailendra pun bercerita, ia memiliki 4 sahabat dan suka bermain bersama mereka. Shailendra juga mengaku suka membicarakan hal-hal yang lucu dan bercanda bersama teman-temannya di sekolah.

Dia tampil percaya diri di atas panggung dan berbicara lancar di hadapan penonton.

Dian mengatakan, awalnya Shailendra memiliki 7 tanda spektrum autisme pada anak. Misalnya, tidak bisa berinteraksi dengan anak lain, tidak ada kontak mata, hingga tidak bisa fokus.

"Tujuh ciri itu sudah enggak ada sekrang. Eye contact oke," kata Dian.

Dian Sastro membuktikan hal itu di atas panggung, di mana Shailendra bisa mengobrol seperti biasa, ada kontak mata saat mengobrol, hingga mau bermain dengan anak lain.

Dian melihat ada yang berbeda dalam diri Shailendra sejak putranya itu masih berusia 8 bulan. Melihat hal itu, Dian langsung membawa putranya ke dokter spesialis tumbuh kembang anak hingga ke psikolog.

Dian baru percaya anaknya memang berkebutuhan khusus setelah mengunjungi 3 dokter. Tak mau menunggu lama, Dian Sastro langsung membawa putranya menjalani terapi sehingga bisa tumbuh kembang dengan baik.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/08/24/130123110/cerita-autisme-dian-sastro-panggil-putranya-ke-atas-panggung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke