Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ruben Onsu Beberkan Kronologi Angkat Betrand Petro sebagai Anak

Ruben menceritakan, ia pertama kali bertemu Betrand di acara program televisi swasta Brownis yang ia pandu. Bentrand diundang ke Brwonis karena videonya sedang bernyanyi di Manggarai, Nusa Tenggara Timur, viral di media sosial.

Di acara Brownis pada April 2019 itu, Betrand tampil menyanyikan lagu "Titip Rindu Buat Ayah" milik Ebiet G Ade.

"Nyanyi kayak biasa. Ngeliat anak ini, bagus ya. Sudah gitu aja. Oh ya bagus karena setiap hari saya di Brownis ketemu penyanyi-penyanyi," kata Ruben seperti dikutip Kompas.com dari video "BIKIN HARU! SURAT BETRAND PETO UNTUK AYAH&BUNDA" di MOP Channel.

Saat istirahat syuting, Ruben melihat anak itu sedang terdiam, melihat suasana sekelilingnya, dan asyik sendiri. RUben kemudian dihampiri seseorang bernama Jessica.

"Dia (Jessica) yang kasih tahu ke saya. 'Lu produserin deh anak itu, kayaknya bagus deh anak itu, beda'," tutur Ruben.

Saat itu Ruben tak terlalu serius menanggapi saran Jessica. Menurut Ruben, tak mudah memproduseri Betrand karena harus membawanya dari NTT ke Jakarta. Apalagi, Ruben saat itu juga sedang menangani proyek yang lain.

Namun, diam-diam ternyata Ruben bertukar nomor telepon dengan paman Betrand yang saat itu mengantar ke Jakarta.

"'Kalau Betrand enggak ke mana-mana, enggak ada label lain, kasih tahu aja ke saya ya, nanti biar saya produserin'. Sudah gitu aja, angin lalu aja karena gue di MOP juga ada beberapa proyek. Betrand ini termasuk proyek dadakan, tapi harus dikerjakan secara serius," jelas Ruben.

Cerita ke Sarwendah

Sesampainya di Rumah, Ruben bingung karena terus memikirkan Betrand. Ia terus terbayang-bayang wajah Betrand.

"Gue buka YouTbe yang muncul dia (Betrand) lagi, dia lagi. Komenan orang semua tetang dia, bukan tentang dia ke gue," kata Ruben.

Akhirnya, Ruben menceritakan kepada istrinya Sarwendah. Langkah ini juga dianggap tak biasa karena Ruben sangat jarang menceritakan kegiatan pekerjaannya kepada istrinya.

"Kok kepikiran. Ngomong lah sama istri saya, 'tadi di Brownis bagus loh ada anak nyanyi'. Gue tuh kalau kerja dari pagi sampai malam enggak pernah cerita ke istri gue. Kalai ini gue ceritain secara detail," papar Ruben.

Sarwendah akhirnya ikut mencari tahu sosok Betrand lewat YouTube. Saat itu, Sarwendah tengah hamil anak kedua. Betrand pun akhirnya mulai rekaman lagu di Jakarta di bawah naungan MOP music milik Ruben.

Singkat cerita, Sarwendah melahirkan anak keduanya di Singapur. Anehnya, saat itu Ruben juga masih teringat dengan Betrand.

"Aku bahas lagi sama dia (Sarwendah), 'kok aku kepikiran Betrand ya. Tapi dia nanti ada proyek di Jakarta cukup panjang. Aku mau ngobrol panjang'," ucap Ruben kepada Sarwendah saat itu.

Ruben kemudian bertemu Betrand yang sedang berlatih di MOP Music. Saat itulah ia merasa "klik" dengan anak 13 tahun itu.

"Ngelihat dia di depan kaca, mungkin dia lagi ngapalin lirik di kaca atau apa pun itu. Saya klop di hati, klik. Langsung saya bilang sama Ndi, manajer Betrand, saya mau ngobrol sama Betrand," terang Ruben.

Meminta Betrand panggil "Ayah"

Ruben mantap menjadikan Betrand sebagai anak asuhnya.

"Jangan manggil Bapak, Betrand manggilnya ayah. Dari situlah saya, Thalia, Wendah tersentuh. Terus ngelihat Betrand langsung main sama Thalia, saya kecuri lagi tuh perhatiannya. Semudah itu...," tutur Ruben.

Sarwendah juga sudah menganggap Betrand Peto sebagai anaknya. Hanya saja, awalnya ia bingung karena tiba-tiba langsung memiliki anak yang sudah remaja.

Setelah hari itu, Ruben dan Sarwendah memanggil Betrand "Kakak". Begitu juga dengan putri pertama mereka Thalia yang sangat senang memiliki kakak.

Betrand Peto kini selalu hadir dalam acara liburan keluarga Ruben. Saat ini, Ruben tengah mengurus kepindahan Betrand Peto dari NTT.

Untuk diketahui, Betrand Peto sebelumnya tinggal bersama kakek dan neneknya sejak bayi karena orangtuanya berpisah. Di NTT, Betrand Peto bersekolah sambil membantu neneknya.

Betrand memang hobi bernyanyi dan kerap mengikuti lomba di sekolahnya.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/08/27/124936210/ruben-onsu-beberkan-kronologi-angkat-betrand-petro-sebagai-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke