Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Idola KPop dengan Nama Panggung Unik dan Makna di Baliknya

Nama panggung sudah menjadi tradisi Kpop di mana para pemain menggunakan alias.

Salah satu hal menyenangkan dari itu adalah saat seorang idola menunjukkan sisi diri mereka yang berbeda dengan nama yang berbeda.

Seringkali, nama panggung sederhana dan mudah, namun kadang-kadang mereka memiliki makna tersembunyi di baliknya yang mungkin tidak jelas pada awalnya.

Berikut adalah 10 nama panggung idola Kpop yang tidak biasa:

1. J-HOPE BTS

J-Hope merupakan permainan kata dari nama aslinya, Jung Hoseok. Namun ada makna simbolis juga, yang diambil dari mitos Yunani tentang Kotak Pandora.

Menurut mitos, setelah semua kejahatan dunia tumpah dari kotak, yang tersisa adalah harapan. Nama itu adalah pilihan ideal bagi seorang pria yang selalu memberi harapan dan dorongan kepada sesama member.

2. Solar MAMAMOO

Nama asli Solar, Kim Yong Sun, adalah inspirasi di balik nama panggungnya. Kata "Solar" atau tenaga surya berasal dari arti bahasa Inggris dari suku kata terakhir namanya "Sun".

Namun, ada arti lain juga, yaitu "Solar" merupakan gabungan dua not balok solfège yang terkenal. Apa yang terjadi setelah do-re-mi? So – la (r).

3. The8 SEVENTEEN

Berapa banyak idola yang menggunakan angka aktual untuk nama panggungnya? Salah satu penari terbaik SEVENTEEN, Xu Minghao, menggunakan nama panggung The8.

Delapan adalah angka keberuntungan dalam budaya China dan Minghao berasal dari sana. Belum lagi, jika memutar angka "8", bentuknya menjadi simbol infinity.

4. Haechan NCT

Sebagai pemula, Haechan dipromosikan dengan nama aslinya, Donghyuck, sehingga itu kejutan bagi NCTzens ketika ia debut sebagai Haechan.

Nama itu tidak lain adalah pemberian dari pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man. "Haechan" berarti "bersinar terang".

5. Agust D

Min Yoongi alias Suga BTS menggunakan nama alias yang lain saat merilis mixtape-nya pada 2016. Untuk proyek itu, Suga memakai nama panggung Agust D.

Nama itu sarat makna, "AGUS" adalah kebalikan dari "SUGA", sementara "T,D" singkatan dari mantan kru rap Suga yang disebut "D-TOWN" untuk Daegu, kota kelahiran Suga.

Kata bahasa Inggris "august," diucapkan sama, juga berarti mengesankan dan dihormati, seperti Suga.

6. Suho EXO

Leader boyband EXO, Kim Junmyeon, memiliki nama panggung yang sangat tepat. Nama "Suho" juga merupakan kata kerja Korea yang berarti "untuk melindungi (sebagai pelindung)".

Makna tersebut sesuai dengan peran Suho dalam grupnya. Selain itu, Suho memiliki aura seorang ayah yang bertanggung jawab, dan pekerja keras.

7. S.Coups SEVENTEEN

S.Coups adalah permainan kata dari nama asli leader SEVENTEEN, Choi Seung Cheol. "S" untuk "Seung", sementara "Coups" mengambil "C" dari nama aslinya.

Selain itu, "C" juga kependekan dari "coup d’etat" frasa Perancis yang menyiratkan kemenangan dalam skala besar. Itu nama yang kuat dan jenaka untuk rapper yang bertenaga serta berbakat.

8. HA:TFELT

Park Ye Eun pernah menjadi member dari girlband ikonik JYP Entertainment, Wonder Girls, namun sekarang dia adalah artis solo yang menggunakan nama HA:TFELT.

Nama panggung itu mewakili identitas barunya sebagai produser dan komposer. Pengucapannya seperti kata "heartfelt" dan "HA:T" memiliki makna ganda dari "heart" dan "hot" yang dengan rapi mengekspresikan dua aspek musiknya.

9. BamBam GOT7

Terlahir dengan nama Kunpimook Bhuwakul, ia juga memiliki nama "BamBam" sejak kecil. Sebagai informasi, orang Thailand sering menggunakan nama panggilan karena nama asli mereka bisa cukup panjang.

Dikenal banyak orang sebagai karakter kecil tapi perkasa dari sitkom animasi The Flintstones, nama menggemaskan BamBam sangat cocok untuknya.

10. Onew SHINee

Idola lain yang mendapatkan nama panggungnya dari Bos SM Entertainment Lee Soo Man adalah Onew atau Lee Jinki. Ia diberi nama itu karena kepribadiannya yang hangat, lembut, dan suaranya yang merdu.

Nama Onew juga merupakan kata yang berarti "lembut dan damai". Onew juga dijuluki "Dubu" kata Korea untuk tahu yang bertekstur lembut dan halus, seperti dia. (Sheryl Angeline)

https://entertainment.kompas.com/read/2019/08/30/174216910/10-idola-kpop-dengan-nama-panggung-unik-dan-makna-di-baliknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke