Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Billboard Indonesia Top 100 Akhirnya Dirilis

Sebuah program yang akan menjabarkan daftar peringkat lagu-lagu karya anak bangsa lintas genre paling populer dan terkini di setiap minggunya.

Aldo Sianturi, Chief Operaruing Officer Billboard Indonesia, menjelaskan, hasil peringkat itu dikumpulkan dari berbagai data, hingga mencetak total skor.

Hal itu dijelaskan Aldo dalam jumpa pers peluncuran Billboard Indonesia Top 100 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2019).

"Billboard Indonesia sebelumnya lakukan reset 6 bulan soal tangga lagu kita banyak dapat masukan yang kredibel. Kita dapat masukan dari industri musik Indonesia, melon dan teman-teman di radio," kata Aldo.

Mulai dari  platform streaming musik, posisi grafik mingguan, pemutaran radio mingguan, pemirsa platform streaming video, dan pemutaran mingguan di jaringan karaoke di Indonesia.

Kepala Badan Ekonomo Kreatif, Triawan Munaf menyambut baik adanya Billboard Indonesia Top 100 ini.

"Intinya kalau kita eksositem musik, digitalisasi secara timeless terhubung. Bahwa pemerintah akan selalu mendukung kegiatan dan usaha seperti ini agar ekosistem musik kita lengkap," ucap Triawan.

"Saya sambut baik tolong semua pihak terlibat bisa mendengarkan. Semoga ini bisa bantu para artis bisa lihat rangking penjualan lagu," lanjutnya.

Penyanyi Judika, Marion Jola, Brisia Jodie, Rizky Febian hingga Nadin Amizah dan Sal Priadi tercatat menduduki 10 peringkat teratas.

Billboard Indonesia Top 100 diharapkan menjadi salah satu langkah pencatatan yang baik dalam upaya mendata dan mendokumentasikan musik Indonesia.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/09/25/192419110/billboard-indonesia-top-100-akhirnya-dirilis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke