Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Tommy Kurniawan: Pemain Sinetron, Stafsus Imam Nahrawi hingga Jadi Wakil Rakyat

Melalui beragam sinetron, FTV, hingga film layar lebar yang ia bintangi, nama Tommy Kurniawan kian dikenal masyarakat Indonesia.

Tak hanya di dunia hiburan, Tommy Kurniawan juga dikenal aktif dalam berbagai kegiatan sebagai kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019, Tommy mendaftarkan diri sebagai calon legislatif perwakilan PKB dari Dapil V Jawa Barat.

Ia sukses mendulang sebanyak 33.988 suara. Dengan demikian, Tommy Kurniawan dipastikan lolos ke DPR RI pada periode 2019-2024.

Pada Selasa (1/10/2019) ini, Tommy Kurniawan akan menjalani prosesi pelantikan dan mulai bekerja menyalurkan aspirasi rakyat.

Pernah gagal nyaleg

Untuk meraih keberhasilan ini Tommy Kurniawan harus melalui proses panjang.

Ia bahkan pernah gagal nyaleg dalam Pileg 2014.

Saat itu, Tommy merupakan caleg DPR RI nomor urut tiga PKB untuk Daerah Pemilihan (dapil) Banten III yang meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Sesuai hasil pleno rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten, total suara yang diperoleh Tommy Kurniawan mencapai 31.221 suara.

Jumlah tersebut berada di bawah jumlah suara rekan satu partainya, yakni Siti Masrifa, yang mencapai 32.303, dan Sitti Haniatunnisa, dengan suara sebanyak 32.129.

Meski gagal, Tommy tetap aktif menjadi kader PKB dan tetap fokus memperjuangkan kepentingan masyarakat Bogor melalui Komisi X di bidang, pendidikan, olahraga dan sejarah.

Setelah gagal di Pileg 2014, Tommy Kurniawan bekerja sebagai staf khusus bidang olahraga saat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dijabat Imam Nahrawi.

Lolos di Dapil neraka

Dalam Pileg 2019, Tommy Kurniawan mampu mengalahkan caleg pesohor lainnya lewat dapil Jawa Barat V yang meliputi Kabupaten Bogor.

Mereka adalah politisi pendatang baru, seperti Sahrul Gunawan (Nasdem), Ravindra Airlangga (Golkar), Ferdinand Hutahean (Demokrat), dan Faldo Maldini (PAN).

Uniknya, dapil Tommy ini disebut-sebut sebagai dapil neraka.

Setelah lolos menjadi wakil rakyat, Tommy Kurniawan mengaku akan fokus memperjuangkan kepentingan masyarakat Bogor melalui Komisi X di bidang, pendidikan, olahraga dan sejarah.

Secara bertahap, ia ingin fokus pada skala nasional di bidang olahraga.

Targetnya, ada penerapan khusus untuk APBN yang berpihak pada olahraga dan ingin mewujudkan tempat latihan yang berkualitas.

Menurut Tommy Kurniawan, pengalamannya menjadi staf khusus di Kemenpora menjadi modal besar untuk mewujudkan cita-citanya ini. 

https://entertainment.kompas.com/read/2019/10/01/131000210/profil-tommy-kurniawan--pemain-sinetron-stafsus-imam-nahrawi-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke