Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Awkarin dan Dian Sastro Kompak Suarakan Kesetaraan Perempuan

Mulai dari datang ke lokasi-lokasi bencana, membagi-bagikan makanan untuk mahasiawa peserta demo, aksi bersih-bersih sampah, hingga membelikan motor untuk pengemudi ojek online yang baru saja kehilangan motor.

Aksi-aksi tersebut kerap dibagikan Awkarin melalui akun Twitter maupun Instagram pribadinya.

Awkarin menggunakan akun media sosialnya untuk mengumpulkan donasi hingga ratusan juta rupiah untuk pihak-pihak yang membutuhkan.

Tak dinyana, perbuatan-perbuatan baik Awkarin ini ternyata menjadi sorotan warganet, pesohor negeri, hingga para politisi.

Budiman Sudjatmiko merupakan salah satu politisi yang menanggapi kegiatan sosial Awkarin.

Namun, tanggapan Budiman ternyata menuai kontroversi. Sebab, politisi PDI Perjuangan ini menyebut kebaikan Awkarin berbasis sensasi, sedangkan Tri Mumpuni berbasis esensi.

Adapun Tri Mumpuni merupakan seorang wanita yang berjuang menghidupkan listrik di desa-desa terpencil.

"2 contoh kebaikan oleh 2 perempuan: 1. Awkarin & 2. Tri Mumpuni.. Yg pertama basisnya sensasi, yg ke 2 esensi. Kebaikan harus sensasional tp yg lebih penting juga esensial. Tak cukup salah 1. Budaya kita lebih suka yg pertama, meski tubuh kita butuh yg ke 2..," tulis Budiman melalui akun Twitter-nya @budimandjatmiko.

Banyak warganet yang kemudian menanggapi kicauan Budiman.

Ada yang mendukung Budiman dan juga Awkarin. Adapula yang mengkritik mereka, hingga akhirnya Awkarin memberikan tanggapannya.

Menolak dibanding-bandingkan dengan perempuan lainnya, melalui akun twitter pribadinya Awkarin mengajak Budiman bertemu.

Bukan untuk berdebat, ia justru mengajak Budiman membahas lebih jauh mengenai aksi-aksi baik yang masih mungkin dilakukannya dan aktivis lainnya demi kebaikan negeri.

Didukung Dian Sastro

Langkah Awkarin melakukan beragam aksi kemanusiaan ini ternyata mendapatkan dukungan dari aktris Dian Sastrowardoyo.

Adapun selain berprofesi sebagai aktris, Dian juga merupakan aktivis yang vokal menanggapi isu-isu sosial dan melakukan aksi-aksi kemanusiaan.

Dukungan Dian Sastro itu ia sampaikan lewat fitur Instagram Story-nya, Selasa (15/10/2019).

"Don't stop doing what you do, girl! @awkarin," tulis pemain film Pasir Berbisik itu seperti dikutip Kompas.com, Selasa siang.

Menyadari mendapat dukungan dari idolanya, Awkarin langsung bereaksi girang.

"Yaampun...did my queen just mentioned me...like is this real life... ka diaaan love you! Let us girls change this world to a bette place!" tulis Awkarin.

"Laf yu tu dedek ku sayang...!! Kamu membanggakan. Ayo terus kita berjuang," respons Dian Sastro.

Kompak suarakan kesetaraan

Tak hanya saling mendukung seputar aksi kemanusiaan, Awkarin dan Dian Sastro ternyata kompak mendukung kesetaraan perempuan.

Melalui akun twitter pribadinya Awkarin tegas menolak tindakan membanding-bandingkan aksi para aktivis wanita dengan tujuan menjatuhkan.

"Jangan bandingkan wanita dengan wanita lain dengan maksud & tujuan menjatuhkan satu diantaranya. Mba Dian Sastro, Mba Tsamara Amany, Bu Butet & saya punya peran kami masing-masing dalam membantu negara ini. Gak perlu dibandingkan. Yang perlu, disatukan, diperkuat. #SaveTheWorld," tulis Awkarin, Senin (14/10/2019).

Senada dengan Awkarin, Dian Sastro mengajak masyarakat Indonesia bersatu, bukannya sibuk membanding-bandingkan.

"Kita semua bergerak bareng-bareng dengan caranya masing-masing dan itu kesamaan yang mengharukan.. bangga banget dengan persamaan ini, persatuan ini. Girls unite," tulis Dian Sastro menanggapi kicauan Awkarin.

Tak hanya itu, lewat fitur Instagram Story, Dian mengimbau dan mengingatkan kaum Hawa untuk tidak saling membandingkan, apalagi mau dibanding-bandingkan.

Dian mengaku bingung masih saja ada perempuan yang suka membandingkan diri dengan sesama perempuan.

Namun, ia lebih menyayangkan lagi karena menurutnya, kaum lelaki juga masih kerap membandingkan perempuan satu dengan yang lain.

"Intinya kok kayaknya kita perempuan tuh nggak punya kebiasaan alamiah buat membandingkan bandingkan laki laki," tulis Dian Sastro.

"Sementara kalo buat saudara kita laki laki, kok gampang bgt ya membanding bandingkn kita seakan kita tuh barang atau obyek yang bisa diganti gtiu aja," imbuh pemain film Ada Apa dengan Cinta? ini.

Baik Dian maupun Awkarin berharap, langkah-langkah baik yang telah mereka lakukan dapat menginspirasi masyarakat Indonesia membuat negaranya lebih baik.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/10/16/113850510/saat-awkarin-dan-dian-sastro-kompak-suarakan-kesetaraan-perempuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke