Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tangan Dingin Wishnutama di Balik Kemegahan Pesta Asian Games 2018

Saat itu, Jokowi digambarkan berusaha menembus kemacetan Ibu Kota demi sampai tepat waktu di perhelatan akbar tersebut. 

Meski sosok Jokowi diperankan oleh stuntman, video karya Wishnutama tersebut mampu membuat masyarakat Indonesia berdecak kagum. 

Tak hanya video pembukaan, rangkaian opening dan closing ceremony Asian Games 2018 yang disusun Wishnutama dan tim mendulang apresiasi banyak pihak.

Bahkan, Wishnutama juga mendapatkan apresiasi Presiden Jokowi. 

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang menduga Jokowi akan menjadikan Wishnutama sebagai menteri di kabinet kerja Jokowi Jilid II.

Benar saja, hari ini, Senin (21/10/2019) Wishnutama mendatangi Istana Negara, Jakarta Pusat. Spekulasi yang beredar, Wishnutama santer akan mengisi jabatan sebagai Menteri Pariwisata.

Di balik beredarnya spekulasi ini, mari mengingat kiprah Wishnutama di balik kemegahan pesta Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018.

Banjir pertunjukan budaya dan musisi dalam negeri

Upacara pembukaan atau opening ceremony Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 18 Agustus 2018 digelar begitu semarak. 

Dengan mengusung slogan Energy of Asia, upacara pembukaan Asian Games 2018 mengusung budaya khas Indonesia yang didukung sekitar 5.500 pengisi acara serta 141 musisi.

Pembukaan gelaran ini juga menjadi sorotan lantaran panggung berukuran raksasa yang hadir di tengah lapangan SUGBK.

Panggung dengan berat 600 ton tersebut memiliki panjang 135 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter, merupakan panggung terbesar dan tertinggi yang pernah ada dalam upacara pembukaan acara sejenis.

Selain itu, keberadaan panggung menampilkan pemandangan gunung yang besar serta dilengkapi berbagai tumbuhan ciri khas Indonesia.

Ada pula penampilan yang sangat menawan dari 1.600 penari Ratoh Jaroe.

Para penari membawakan tarian indah dengan kecepatan tinggi. Bahkan, mereka juga mengganti kostum hingga enam kali dalam waktu singkat.

Acara tersebut juga dimeriahkan artis papan atas di industri musik internasional, yakni Anggun C Sasmi dan Joey Alexander.

Tak lupa, penyanyi dangdut yang tengah naik daun, Via Vallen juga memeriahkan pergelaran dengan menyanyikan theme song Asian Games 2018 dengan judul "Meraih Bintang".

Penampilan Via Vallen bahkan membuat Presiden Jokowi berjoget dengan gerakan mendayung.

Selain Via Vallen tampil juga para musisi kenamaan negeri seperti Rossa, Raisa, Fatin Shidqia, Wizzy Williana, GAC (Gamaliel Audrey Cantika), Ariel Noah, Rian D'masiv, Sheryl Sheinafia, Cakra Khan, Rinni Wulandari, hingga Putri Ayu.

Salah satu agenda terpenting dalam pembukaan gelaran olah raga adalah penyalaan api.

Saat itu, legenda bulu tangkis Indonesia, Susy Susanti menyalakan api Asian Games 2018.

Susy Susanti merupakan bagian dari para mantan atlet Indonesia untuk menyalakan api tanda berlangsungnya Asian Games 2018.

Kemegahan panggung dengan penataan cahaya yang memukau sungguh memanjakan mata masyarakat yang menonton opening ceremony Asian Games 2018.

Melihat upacara pembukaan Asian Games, kita dapat menarik benang merah seperti memperkenalkan kayanya budaya Indonesia kepada para negara peserta Asian Games.

Hal itu dilihat dari banyaknya kebudayaan yang ditampilkan dalam perhelatan tersebut, seperti tari Ratoh Jaroe dan berbagai lagu adat Indonesia.

Panggung megah bak konser 

Upacara penutupan Asian Games 2018 dilaksanakan pada Minggu, 2 September 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia.

Upacara ini dimulai pada pukul 19.00 dan berakhir pada pukul 21.25.

Yang menarik, panggung penutupan Asian Games didesain sedemikian rupa layaknya panggung konser.

Tak hanya artis-artis lokal yang tampil dalam acara ini.

Penonton juga dihibur dengan penampilan boyband kenamaan Korea Selatan iKON dan Super Junior. 

Dengan tata cahaya dan kualitas sound system kelas wahid, upacara penutupan Asian Games 2018 berlangsung sangat mengesankan. 

Dalam acara ini, hadir Wakil Presiden Republik Indonesia saat itu Jusuf Kalla, Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, dan Presiden Dewan Olimpiade Asia Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi memberikan kata sambutan dalam upacara tersebut melalui telekomunikasi jarak jauh dari tempat pengungsian darurat di Lombok.

Adapun, serangkaian gempa bumi melanda kawasan ini empat minggu sebelumnya.

Jusuf Kalla menyampaikan pidato dalam dua bahasa, sementara Sheikh Al-Sabah secara resmi menutup pesta olahraga terbesar di Asia ini.

Penonton juga dikejutkan dengan kehadiran konglomerat pendiri perusahaan multinasional asal Tiongkok Alibaba Jack Ma dan perenang peraih medali emas Tiongkok Sun Yang  mempromosikan kota kelahirannya Hangzhou, sebagai tuan rumah Asian Games 2022.

Banyaknya budaya Asia yang ditampilkan dalam pesta closing ceremony Asian Games membuat kita menarik benang merah tema persahabatan antarnegara Asia.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/10/21/141840210/tangan-dingin-wishnutama-di-balik-kemegahan-pesta-asian-games-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke