Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Babak Showcase Indonesian Idol X, Ketika Kuda Hitam Unjuk Gigi

Sejumlah kuda hitam di Indonesian Idol X sudah berusaha mencuri hati para juri dengan menampilkan penampilan yang maksimal. Beberapa ada yang berhasil dan ada juga yang gagal.

Kompas.com merangkum momen-momen tersebut sebagai berikut:

1. Semua juri beri standing applause Ziva Magnolya

Postur tubuhnya mungil, punya suara layaknya anak kecil, namun jika Ziva Magnolya sudah menyanyi, juri Indonesian Idol X pun dibuat melakukan standing applause.

Tak hanya terjadi sekali, hampir di setiap lagu yang dibawakan, kontestan Indonesian Idol asal Jakarta itu selalu sukses membuat juri terpukau.

Begitupun saat memasuki tahap Showcase yang digelar pada Senin (4/11/2019) malam.

Juri yang terdiri dari Maia Estianty, Judika, BCL, Ari lasso hingga juri tamu Armand Maulana kompak memberikan standing applause usai Ziva membawakan lagu "Unaware" dari Allen Stone.

Pujian demi pujian juga disampaikan juri ajang pencarian bakat ini, termasuk Maia Estianty juga Armand Maulana.

"Dari awal (audisi) saya sudah memprediksi kamu adalah bintang yang luar biasa," kata Maia yang sejak saat audisi sudah menyebut akan menjagokan Ziva ke lima besar.

"Suara kamu matang sekali meski look kamu belum kelihatan matang," imbuh Maia yang bahkan berjanji akan memberikan lagu jika Ziva berhasil masuk lima besar.

Sebelumnya, saat datang di audisi untuk pertama kali, Ziva juga menampilkan lagu berbahasa Inggris milik Tori Kelly, "Dear No One".

Lagu ini juga sukses membuat para juri berdiri untuk bertepuk tangan.

2. Miss teknik Indonesian Idol X

Tidak mau kalah dari Ziva, kontestan Olivia Pardede juga berhasil memukau lima juri dalam babak showcase ajang pencarian bakat bernyanyi Indonesian Idol musim kesepuluh, Selasa (6/11/2019).

Kelima juri, yakni Maia Estianty, Ari Lasso, Judika, Bunga Citra Lestari (BCL), dan Anang Hermansyah memberikan standing ovation kepada Olivia setelah menyanyikan lagu "God Bless The Child" yang dipopulerkan oleh penyanyi Billie Holiday.

Menurut Judika, Olivia merupakan ratu teknik yang mampu mengaduk-aduk perasaan.

"Sebenarnya kalau kamu nyanyi ini aku sudah tahu banget. Kamu miss teknik, tekniknya luar biasa. Tapi, untuk malam hari ini, kamu tidak hanya sekadar teknik, rasanya, semuanya tuh tepat. Enak banget. Mungkin selama kamu audisi sampai sekarang, aku paling suka malam hari ini," kata Judika dalam tayangan di kanal YouTube RCTI sepeti dikutip Kompas.com, Selasa (5/11/2019).

Selesai Judika berikan komentar, Anang malah mengeluarkan pernyataan yang membuat juri lainnya kebingungan. Menurut Anang Hermansyah, Olivia merupakan penyanyi 4.0.

"Kamu adalah penyanyi 4.0 (Four point O)," ucap Anang.

"Hah? Gimana-gmana?," tanya BCL.

"Opo sih, Nang?" sahut Ari Lasso.

Anang langsung menjelaskan maksud dari penyanyi 4.0 tersebut.

"Jadi, penyanyi yang menarik di atas panggung, punya karakter, terus...," pikir Anang dengan waktu cuku lama.

"Pikir deh... Pikir pikir!" teriak para juri lainnya kepada Anang.

"Dia cerdas, dia pintar menempatkan improvisasi kemampuannya dengan baik, dan yang terakhir dia punya energi," kata Anang menjelaskan maksud dari penyanyi 4.0.

Berbeda dengan Anang, Ari Lasso mengatakan bahwa Olivia merupakan penyanyi yang berkelas internasional.

"Olivia, biasanya kamu bernyanyi dengan teknik masih dipikirin, tadi itu effortless dan kelihatan tidak mau show off apa-apa. Memang kamu punya kemampuan dan teknik dan skill yang tinggi," kata BCL.

"Aku cuma mau nambahin saja. Kamu kan memang sudah bagus, ya. Cuma kalau kamu nyanyi yang blues dan showfull ini, harus lebih mengerang-ngerang lagi (seperti macan)," kata Maia Estianty.

3. Juri standing ovation untuk ikan duyung

Kemampuan olah vokal Mirabeth Sonia berhasil memukau juri Indonesian Idol X dalam babak Showcase.

Para juri, kecuali Maia Estianty, memberikan standing ovation, kepada perempuan yang berprofesi sebagi mermaid (ikan duyung) freelance itu.

"Aku sangat tersentuh," kata Ari Lasso berkomentar setelah Mirabeth selesai membawakan lagu "Say Something" dari A Great Big World feat Christian Aguilera.

Selain Ari, Anang Hermansyah dan Bunga Citra Lestari alias BCL menyampaikan pujian mereka.

"Kamu benar-benar wonderfull Indonesia. Lagu ini pasti dibilang seluruh penyanyi lagu mudah. Tidak perlu teknik yang spesial. Kamu menyanyikan dengan porsi yang tepat," kata Anang yang sebelumnya memberi "no" untuk Mirabeth saat babak audisi.

"Penampilan tadi merupakan penampilan lagu yang indah yang pernah aku lihat," timpal BCL.

Namun, ada sedikit kritikan dari Maia Estianty terkait aksi panggung Mirabeth.

"Ada beberapa part itu false. Jadi kamu harus belajar lebih sempurna untuk mengisi kesunyian hatiku," kritik Maia.

Ari Lasso kemudian mencoba meluruskan maksud Maia.

"Maksudnya gini, sebenarnya kamu itu udahan mulus, tapi Maia memberikan sesuatu kritik agar kamu bisa josh di babak selanjutnya, atau tes-tes-tes," tutup Ari yang disambut tepuk tangan penonton.

4. Ainun gagal bikin juri standing ovation

Menyanyikan lagu "Without You" dari Mariah Carey, peserta Indonesia Idol X Ainun Irsani kali ini gagal membuat semua juri standing ovation.

"Oke Ainun, di lagu ini aku ekspektasinya tinggi banget. Karena memang kamu salah satu kontestan favorit aku. Jadi, aku suka cara bernyanyimu, teknik kamu yang tinggi. Itu poin yang bagus untuk kamu," kata Judika.

"Tapi untuk malam ini, menurutku belum penampilan kamu yang maksimal," ucapnya lagi.

Sementara Bunga Citra Lestari alias BCL memberikan pujian kepada Ainun, namun hanya untuk gaya berpakaiannya. Soal aksi panggung, ia setuju dengan Judika.

"Aku mau kasih pujian dulu sama kamu, penampilan outfit kelihatan seperti bintang banget sih. I love your smile. Kalau secara penampilan, seperti yang Judika bilang, sama," kata BCL.

Maia Estianty menambahkan, menurutnya nyanyian Ainun kurang sempurna karena ada pengulangan nada.

"Jadi gini, kamu banyak mengulang nada-nada yang sama, sehingga juri tidak menangkap sebuah surprise. Jadi kamu (tadi) kalau nyanyi di (nada) sol, sol terus," ucap Maia mengkritik.

Judika lalu mencoba meminta peserta asal Polopo, Sulawesi Selatan, itu bernyanyi menggunakan nada rendah.

Setelah itu, Judika mengklaim bahwa Ainun bisa bermain di nada bawah.

Mendengar komentar Judika, Maia kurang sepaham.

"Tidak, mungkin karena masalah aransemen yang melakukan repetition-repetition sehingga tidak akan ada surprise," timpal Maia.

Di sela komentar, Anang langsung mencoba bertanya untuk menarik kesimpulan.

"Jadi ini kesimpulannya enak atau enggak nih? Bukan sekedar enak, dia banyak improvisasi yang tidak seperti lagu aslinya," tanya Anang.

BCL sendiri berasumsi bahwa hal itu hanya masalah ekspektasi yang tinggi terhadap Ainun.

Beruntungnya, Ainun, Ziva, Mirabeth, dan Olivia Pardede lolos ke babak selanjutnya. Walaupun, beberapa penampilan dari mereka masih dinilai kurang sedikit maksimal.

https://entertainment.kompas.com/read/2019/11/07/075720210/babak-showcase-indonesian-idol-x-ketika-kuda-hitam-unjuk-gigi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke