Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Young Lex, Rapper yang Dulu Pernah Berjualan Nasi Uduk

Video musiknya dianggap telah memplagiat video musik "Lit" dari Lay Zhang atau Lay EXO.

Menolak dengan tegas untuk meminta maaf karena merasa tidak bersalah, siapa sosok rapper kelahiran 18 April 1992 ini, berikut beberapa informasinya dirangkum dari berbagai sumber.

Pernah berjualan nasi uduk

Sejak SMP Young Lex remaja sudah mandiri dan bisa mencari uang sendiri. Dia berjualan nasi uduk seharga Rp 5.000 yang diambilnya dari rumah, kemudian dijual di sekolah dengan harga Rp 7.000.

Kuliah dengan biaya sendiri

Young Lex mengaku ingin melanjutkan sekolah ke Institut Kesenian Jakarta (IKJ) tapi keinginannya itu belum terwujud karena keterbatasan biaya saat itu.

Keinginannya untuk kuliah baru terwujud ketika Young Lex sudah mulai sukses di dunia hip hop. Dari uang yang ditabungnya selama manggung, Young Lex berhasil membiayai kuliahnya sendiri.

Young Lex kuliah di jurusan perfilman.

Mulai menyukai Hip Hop sejak SMA

Young Lex sudah jatuh cinta pada musik Hip Hop sejak duduk di bangku SMA. Dan dia mulai ikut kompetisi rap battle setelah lulus SMA.

Mengikuti acara tersebut, lingkungan pertemanan Young Lex semakin luas, dia diajak untuk ikut berlatih di Taman Menteng karena ada komunitas beatbox.

"Awalnya gue belajar beat box, kan beatbox salah satu elemen hip hop," kata Young Lex dikutip dari YouTube-nya.

Awal karier

Tahun 2011 menjadi awal Young Lex berkarier di musik hip hop.

Acara ulang tahun menjadi awal bagi Young Lex menunjukkan kemampuannya tapi masih dengan lagu orang lain.

Di awal kariernya Young Lex masih memakai nama Uncle Sam.

Dengan minim pengalaman, tanpa uang, Young Lex memiliki prinsip kalau khayalan ditambah kerja keras dan doa sama dengan kenyataan.

"Ini Gaya Gue" jadi keberuntungan

Lagu buatannya ini membawa keberuntungan bagi Young Lex, setelah sebelumnya dia berjuang sendiri untuk bisa membuat video klip dengan kemampuan sendiri. Sadar kalau membuat lagu butuh uang cukup banyak, Young Lex akhirnya mulai mengumpulkan uang dari menjadi staf gudang, office boy hingga bekerja di bioskop dilakukan demi mewujudkan mimpinya.

"Gue kerja sebagai staf gudang plus office boy," kata Young Lex yang melakukan pekerjaan seperti menyapu, mencuci gelas, mengepel, mengganti galon. 

Upload karya ke YouTube

Tak sadar YouTube akan sebesar sekarang, dulu Young Lex rajin mengunggah setiap video manggung ke YouTube. Dari lagu "Single Woles" dan "Cewek Kece".

Pernah berseteru dengan Iwa K

Akhir tahun 2015, Young Lex sempat berseteru dengan Iwa K. Saat itu Young Lex dianggap merendahkan Iwa K.

"Sorry to say, bahkan Iwa K dianggap legend karena terkenal duluan, bukan karena skill," kata Young Lex saat itu yang akhirnya menjadi sorotan.

Tak hanya Iwa K yang tersinggung, tapi Saykoji saat itu juga ikut mengomentari ucapan Young Lex. Lama bungkam, akhirnya Young Lex meminta maaf atas ucapannya itu.

Iwan Fals dan Slank jadi motivasi berkarya

Young Lex senang mendengarkan lagu Iwan Fals dan Slank, karena menurutnya dua musisi itu yang karya-karyanya sangat menggambarkan kondisi sebenarnya yang terjadi di Indonesia.

Itu juga yang kemudian mempengaruhi Young Lex dalam berkarya, dimana dia menangkap peristiwa keseharian untuk kemudian dijadikan sebuah karya.

Punya bisnis

Selain menjadi rapper, Young Lex juga memiliki bisnis. Berawal dari mimpi saat SMA, Young Lex berhasil memiliki distro bernama YOGS. Dia juga memiliki bisnis cairan vape, manajemen artis, yaitu 100 Entertainment.

https://entertainment.kompas.com/read/2021/03/10/164510666/profil-young-lex-rapper-yang-dulu-pernah-berjualan-nasi-uduk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke