Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ayu Azhari: Saya Siap Jadi Duta Budaya Tenun Nusa Tenggara Timur

Ayu mengatakan NTT memiliki nilai budaya yang tinggi, termasuk peredaran tenun di Indonesia.

"NTT memiliki budaya tinggi yang tercermin dalam produk tenun. Jadi, NTT adalah pusat peradaban tenun di Indonesia. Saya siap menjadi duta budaya mempromosikan karya tenun Nusa Tenggara Timur," tegas Ayu kepada awal media dalam talk show Exotic Tenun Fest bersama istri Gubernur NTT Victor Laiskodat, Julie Sutrisno, belum lama ini.

Alasan pemilik nama lahir Ayu Khadijah Azhari itu memberikan diri karena ia memiliki ketertarikan yang lebih terhadap budaya menenun sejak dulu.

Dia mengaku, sudah sering terlibat dalam program mempromosikan budaya tenun ke mancanegara, salah satunya seperti London, Inggris.

"Saya sendiri punya bentuk kepedulian tersendiri soal tenunan ini. Saat tenun NTT jadi berita nasional sejak satu dekade lalu, saya turut serta mempromosikan sampai ke kota-kota penting mancanegara," ungkap Ayu.

Oleh karena itu, peraih Piala Citra Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dalam film Dua Kekasih (1990) itu mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya yang telah ada sejak dulu.

"Sudah waktunya kita promosikan produk dan karya yang bervisi etnik seperti tenunan ini. Saya tahu, tenunan lokal banyak digemari turis-turis mancanegara karena enak dipakai, baik dalam bentuk sarung, baju, topi, dan bentuk lainnya," ujar Ayu.

Dia juga berharap pemerintah turut mendorong kualitas produk untuk bisa bersaing serta unggul dalam ekspor mancanegara.

https://entertainment.kompas.com/read/2021/03/24/194217666/ayu-azhari-saya-siap-jadi-duta-budaya-tenun-nusa-tenggara-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke