Salin Artikel

Mengejutkan, 5 Aktor Korsel Ini Pernah Jadi Atlet Profesional

KOMPAS.com - Profesi atlet profesional merupakan hal yang membanggakan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, mereka kerap berkompetisi mengharumkan nama daerah atau negara di kancah lokal maupun internasional.

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat sederet aktor Korea Selatan (Korsel) yang pernah menjadi atlet profesional sebelum terkenal seperti sekarang?

Siapa sangka, setelah bertahun-tahun menekuni bidang olahraga, takdir mereka ternyata jatuh pada dunia hiburan Korsel, utamanya drama Korea (drakor) dan film.

Penasaran siapa saja para atlet yang berpindah haluan tersebut? Berikut daftarnya seperti dilansir dari South China Morning Post, Kamis (19/8/2021).

1. Song Joong Ki

Aktor kelahiran 1985 ini bahkan pernah mewakili kampung halamannya, yakni Kota Daejeon, dalam kompetisi speed skating tingkat nasional.

Namun sayang, dia harus merelakan karier cemerlangnya akibat cedera di pergelangan kaki.

Akhirnya, Joong Ki fokus sebagai aktor dan memutuskan untuk terjun ke dunia seni peran lewat film Korea A Frozen Flower (2008).

2. Ahn Bo Hyun

Sebelum menggeluti karier sebagai model dan aktor, ia merupakan atlet tinju nasional. Olahraga ini mulai ditekuni sejak dirinya duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Selama meniti karier sebagai petinju, Bo Hyun bisa dikatakan sebagai sosok yang berbakat. Hal ini dibuktikan saat dirinya meraih medali emas dalam kompetisi tinju tingkat nasional.

Namun, setelah beberapa kali mengalami cedera, aktor berusia 33 tahun ini memutuskan untuk berhenti sebagai petinju.

Lepas dari profesi atlet, Bo Hyun punya mimpi menjadi aktor setelah melihat aksi keren dari aktor Yu Oh Seong sebagai petinju dalam film Korsel Champion (2002).

3. Bang Sung Hoon

Ia kerap kali menjuarai kompetisi renang hingga memegang rekor baru di bidang olahraga tersebut.

Kariernya sebagai atlet renang profesional patut diacungi jempol karena Sung Hoon berhasil masuk dalam tim olimpiade.

Namun, takdir sepertinya berkata lain. Setelah mengalami cedera dan harus menjalani beberapa kali operasi, ia memutuskan untuk melepas mimpinya sebagai atlet renang.

Meski demikian, Sung Hoon tidak pantang menyerah. Ia menekuni profesi sebagai aktor dan mendapat peran utama pertamanya dalam drakor berjudul New Tales of Gisaeng (2011).

4. Lee Shi Young

Kariernya sebagai boxer berawal saat ia ditawari berperan sebagai petinju wanita dalam sebuah drakor pada 2010.

Untuk mendalami karakternya, ia pun giat berlatih dengan mantan petinju profesional kelas bantam Asosiasi Lineal dan World Boxing, yakni Hong Soo Hwan.

Namun pada kenyataannya drakor tersebut batal diproduksi, sedangkan Lee Si Young sudah jatuh hati dengan olahraga tinju.

Dari hobi barunya sebagai petinju, ia malah berhasil meraih gelar juara amatir ketiga dalam 7th National Amateur Boxing Championships di kelas 48 kilogram (kg) pada 2011.

Tak hanya itu, Si Young lebih dulu memenangkan kelas berat 50 kg di 9th KBI National Lifestyle Athletics Boxing Championships (2010) dan 47th Seoul Amateur Boxing Match (2011).

Pada 2012, ia kembali memenangkan kelas 48 dalam Seoul Boxing Prematch atau 42nd Amateur Boxing Federation tournament.

Setelah memenangkan beberapa kompetisi, Lee Shi Young dinobatkan sebagai selebriti wanita Korea pertama yang menerima gelar “Korean Amateur Representative Boxer” di National Athlete Contest (2013).

Namun, ia harus pensiun dini dari dunia tinju karena mengalami dislokasi bahu kronis. Hal ini juga yang membuat Shi Young fokus pada kariernya di dunia akting.

5. Seo Ji Sub

Sejak berusia 10 tahun, aktor Korsel Seo Ji Sub telah dilatih menjadi atlet profesional olahraga renang.

Usahanya selama 11 tahun di bidang olahraga tersebut patut dibanggakan karena ia berhasil bergabung dengan tim nasional. Bahkan, Ji Sub memenangkan medali perunggu di Korean National Games.

Menginjak usia remaja, ia mencoba peruntungan di dunia modeling setelah menemani seorang teman untuk mengikuti audisi model. Namun, alih-alih temannya, justru Ji Sub terpilih sebagai model lewat moment audisi tersebut.

Setelah aktif sebagai modeling, ia melirik dunia seni peran dan berhasil tampil pertama kali lewat drama situasi komedi (sitkom) Three Guys and Three Girls (1996).

https://entertainment.kompas.com/read/2021/08/20/132000166/mengejutkan-5-aktor-korsel-ini-pernah-jadi-atlet-profesional

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.