Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Fakta Menarik di Balik Film Shang-Chi yang Tayang di Disney+ Hotstar

Sejak tayang pada 22 September lalu, film ini telah menuai hasil gemilangnya karena meraup kesuksesan besar di bioskop.

Film ini juga mendapat beragam pujian dari netizen karena disebut sebagai film Marvel pertama yang menampilkan aktor Asia sebagai pemeran utamanya.

Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings dibintangi Simu Liu yang berperan sebagai Shang-Chi.

Dalam perannya, ia bekerja sebagai petugas parkir yang menjalani kesehariannya di San Fransisco bersama sahabatnya Katy (Awkwafina).

Saat sekelompok penjahat mengambil liontin pemberian mendiang ibunya, Shang-Chi meninggalkan kehidupannya di Amerika Serikat.

Shang-Chi pun pergi ke Makau (Macao) untuk memperingatkan adiknya, Xialing, bahwa bahaya juga akan mendatanginya.

Shang-Chi pun harus menghadapi masa lalu yang berusaha ia lupakan.

Ketika ditarik ke dalam jaringan organisasi misterius ‘Ten Rings’ yang dipimpin ayahnya sendiri, Shang-Chi menyadari bahwa ia harus menghentikan komplotan ‘Ten Rings’ tersebut.

Dari jalan cerita yang memukau tersebut, terdapat sejumlah fakta menarik tentang film itu.

Berikut tiga fakta menarik di balik film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings.

1. Sebelum Sukses Jadi Superhero Asia Pertama di MCU, Simu Liu Awali Karier sebagai Akuntan

Simu Liu yang berperan sebagai Shang-Chi memulai kariernya sebagai seorang akuntan.

Usai kehilangan pekerjaannya dan menjadi pengangguran, Simu Liu memutuskan untuk mengikuti audisi sebagai figuran sebuah film. Selain menjadi figuran dalam film, Simu Liu juga sempat menjadi bintang dalam beberapa video klip musik.

Setelah membangun karirnya perlahan, Simu Liu akhirnya mendapatkan peran utama dalam sebuah serial komedi Kanada yang berjudul “Kim’s Convenience”.

Namun, ia mengakui bahwa tidak pernah terpikirkan olehnya untuk menjadi pemeran utama dalam salah satu film Marvel Cinematic Universe.

Setelah terpilih untuk peran Shang-Chi, Simu Liu berkesempatan untuk membaca naskah dari film tersebut.

Ia bahkan sempat menangis saat membaca naskah tersebut karena merasa kisah yang ditulis itu begitu dekat dengan dirinya.

“Saya menangis karena ada sebuah hubungan yang begitu kuat antara Shang-Chi, karakternya, serta keluarganya,” ucap Simu Liu.

“Hal tersebut merupakan momen yang sangat berharga bagi saya sebagai penggemar, aktor, dan orang Asia,” lanjutnya.

2. Shang-Chi Jadi Super Hero Marvel Sejak Tahun 1973

Karakter super hero Shang-Chi sebenarnya telah hadir pertama kali pada 1973.

Tim kreatif Marvel yang dipimpin Kevin Feige dan Jonathan Schwartz melakukan beberapa penyesuaian agar kisah Shang-Chi lebih relevan untuk para penggemar saat ini.

Dalam film ini, Shang-Chi merupakan sosok yang memiliki koneksi dengan organisasi ‘Ten Rings’. Pada tahun 2008, organisasi tersebut telah diperkenalkan sebagai dalang di balik penculikan Tony Stark dalam film Marvel Studios’ “Iron Man” (pertama).

Selanjutnya, sosok yang diduga pemimpin organisasi ‘Ten Rings’, The Mandarin, kembali muncul di film Marvel Studios’ “Iron Man 3”.

Setelah hampir 10 tahun, para penggemar akhirnya diajak untuk mengungkap sosok pemimpin organisasi ‘Ten Rings’ sebenarnya, yaitu ayah Shang-Chi, Xu Wenwu.

3. Didominasi Adegan Seni Bela Diri

Film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings menggambarkan keindahan seni bela diri yang mendominasi berbagai adegan aksi dalam film.

Setiap adegan perkelahian menggambarkan momen-momen emosional dan menjadi bagian dalam cerita.

Setiap adegan aksi dalam film ini mengandung berbagai makna bagi tiap karakternya. Misalnya ketika kedua orang tua Shang-Chi, Wenwu dan Li bertemu untuk pertama kalinya dan melakukan pertarungan untuk mengukur kekuatan satu sama lain.

Seni bela diri menjadi salah satu fokus utama dari film ini, sehingga diperlukan banyak pendekatan dan konsep-konsep kreatif yang diharapkan dapat menyampaikan makna cerita, untuk menjadi lebih dari sekadar adegan perkelahian.

Untuk persiapan dalam film ini, Simu Liu mempelajari Kung Fu tradisional China, elemen dari Wushu dan Hong Quan, Muay Thai dan Silat, Krav Maga dan Jiu-Jitsu, tinju, hingga street fighting.

https://entertainment.kompas.com/read/2021/11/12/142659966/3-fakta-menarik-di-balik-film-shang-chi-yang-tayang-di-disney-hotstar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke