Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Nama Fans Artis Indonesia, dari Musisi hingga Aktris

Penggemar membentuk sebuah komunitas yang kemudian diberi indentitas masing-masing sesuai artis yang mereka idolakan.

Dalam bahasa inggris komunitas penggemar ini disebut sebagai fandom. Di Indonesia, ada banyak fandom resmi baik untuk musisi maupun artis peran.

Berikut daftar 10 sebutan nama fans artis Indonesia.

Sheilagank, Sheila On 7

Sheila On 7 debut pada 1999. Band asal Yogyakarta itu menyebut penggemar mereka sebagai Sheilagank.

Awalnya Sheilagank adalah nama band itu sendiri. Nama Sheilagank muncul karena Duta dkk. dipersatukan oleh seorang anak SMA bernama Sheila. Sheilagank artinya teman-teman Sheila yang bermain band.

BCLicious, Bunga Citra Lestari

Bunga Citra Lestari solois sekaligus aktris Tanah Air ini menyebut penggemarnya sebagai BCLicious. Komunitas BCLiciouse aktif memberikan informasi dan kampanye dukungan pada BCL lewat media sosial termasuk akun Instagram @bclicious.official.

Komunitas penggemar BCL juga getol membuat proyek ulang tahun untuk ibu satu anak itu. Mereka memberikan kue, kado, serta bunga.

Kiehlers, Cintra Laura Kiehl

Penggemar Cinta Laura Kiehl menyebut diri mereka sebagai Kiehlers. Komunitas penggemar ini menawarkan formulir pendaftaran untuk bergabung agar mendapatkan informasi terbaru soal Cinta Laura bahkan bertemu dengan artis 28 tahun itu.

Kiehlers juga memiliki merchandise resmi berupa kaus dengan logo CLK dan Kiehlers di bagian belakang.

Prilvers, Prilly Latuconsina

Prilly Laticonsina menjadi salah satu artis Tanah Air dengan jumlah penggemar terbanyak. Instagram resmi komunitas penggemar @officialprillvers bahkan diikuti oleh 126.000 akun.

Penggemar Prilly Latuconsina disebut sebagai Prillvers. Komunitas ini cukup sering berinteraksi langsung dengan Prilly. Aksi mereka menyewa papan reklame hingga truk kopi saat Prilly meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari London School of Public Relations (LSPR) bahkan sempat viral.

Agnation, Agnez Mo

Agnation merupakan nama komunitas penggemar Agnez Mo yang baru dibentuk pada 2017. Sebelumnya, Agnez Mo menyebut penggemarnya sebagai NIC (Nez in the Club).

Agnation sendiri dipilih setelah Agnez Mo melakukan voting soal nama baru untuk komunitas penggemarnya.

Mootiara, Tiara Andini

Tiara Andini menyebut komunitas penggemarnya sebagai Mootiara dengan moto "Sahabat tanpa batas."

Komunitas penggemar ini muncul saat Tiara Andini masih memulai kariernya di kompetisi menyanyi Indonesian Idol.

Leslar Lovers, Lesti Kejora dan Rizky Billar

Leslar Lovers adalah komunitas yang dibentuk sendiri oleh penggemar Lesti Kejora dan Rizky Billar. Komunitas ini muncul setelah Lesti Kejora gencar dijodoh-jodohkan dengan Rizky Billar pada 2020 hingga keduanya kini telah menikah dan dikaruniai seorang putra.

Leslar Lovers pernah memenangkan MURI sebagai fanbase pasangan artis yang mengumpulkan donasi terbanyak untuk kado pernikahan.

Itikers Community, Zaskia Gotik

Zaskia Gotik menamai komunitas penggemar dengan sebutan Itikers Community. Itikers diambil dari kata Itik, merupakan nama goyangan khas Zaskia Gotik sejak debut jadi pedangdut.

Pada 2018, Zaskia Gotik pernah memamerkan kebersamaan dengan Itikers Community di acara pesta ulang tahunnya.

Sahabat Noah, Noah

Grup pentolan Ariel dkk. itu memanggil penggemar mereka dengan sebutan Sahabat Noah. Noah kerap kali menggelar acara gathering dengan Sahabat Noah di kota-kota besar.

Noah telah meluncurkan banyak merchandise official untuk Sahabat Noah. Biasanya kaus-kaus resmi dari band dijadikan sebagai dress code acara gathering.

Wong Alas, Ari Lasso

Eks vokalis grup band Dewa 19 ini memiliki banyak penggemar bahkan setelah ia tampil solo dengan nama aslinya Ari Lasso.

Ari Lasso menyebut penggemarnya sebagai Wong Alas yang dalam Bahasa Indonesia artinya orang yang tinggal di hutan, atau berasal dari hutan. Alas sendiri merupakan singkatan dari Ari Lasso.

https://entertainment.kompas.com/read/2022/02/08/090506266/10-nama-fans-artis-indonesia-dari-musisi-hingga-aktris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke