Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Webtoon, Komik Digital dari Korea Selatan

Webtoon sendiri merupakan perpaduan dari kata Web dan Cartoon yang berarti kartun atau komik yang dapat dinikmati secara daring di mana pun dan kapanpun.

Awalnya, situs Korea Daum menciptakan layanan webtoon yang dikenal sebagai Daum Webtoon pada 2003.

Kemudian diikuti oleh Naver Corporation dengan peluncuran Naver Webtoon di tahun 2004.

Dalam versi Korea dikenal sebagai Naver Webtoon, Line Manga (sebelumnya XOY) dalam versi Jepang, Dongman Manhua dan Webtoon dalam versi Tionghoa, serta Webtoon dalam versi Indonesia, Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, dan Thai.

Pendiri Webtoon

Webtoon didirikan oleh Kim Jun Koo pada 2004 di Korea Selatan dengan nama "WEBTOON".

Kim Jun Koo membangun komik digital setelah ia menyaksikan padamnya industri manhwa pada akhir 1990-an dan awal 2000-an.

Ia percaya bahwa komik dapat respons baik jika dirilis secara digital karena pengguna sudah terbiasa menggulir halaman web melalui ponsel.

Peluncuran global

Pada 2 Juli 2014, situs web dan aplikasi ponsel Line Webtoon diluncurkan di seluruh dunia.

Naver Corporation memilih 42 komik (termasuk Noblesse, Tower of God, dan The God of High School) dan satu dari seorang seniman Amerika Serikat yang tersedia dalam bahasa Inggris pada saat peluncuran.

Layanan dalam bahasa Tionghoa dirilis ditanggal yang sama, disusul Thailand pada November 2014 dan bahasa Indonesia pada April 2015.

Kemudian di tahun 2016, komik digital ini memasuki pasar Jepang sebagai XOY dan pasar Tiongkok sebagai Dongman Manhua.

Kerja sama untuk perluas jangkauan

Pada 2015, Webtoon bekerja sama dengan veteran komik Amerika Serikat, yakni Stan Lee, pendiri Image Comics, Marc Silvestri, dan seniman kosmetik Michelle Phan untuk mempromosikan layanan mereka.

Pada September, Webtoon bekerja sama dengan Patreon menambahkan "tombol Patreon" pada bagian "Discover" (sekarang dikenal Canvas).

Webtoon juga bekerja sama dengan DeviantArt pada 2016, Legendary Comics pada 2017, dan Noble Transmission dan Common di 2018.

Pada awal 2019, anak perusahaan Webtoon, LICO, memproduksi secara kolaboratif bersama Big Hit Entertainment untuk merilis Save Me sebagai bagian dari BTS Universe (BU) yang berkisar ihwal grup Kpop, BTS.

Pada 15 Oktober 2019, Crunchyroll dan Webtoon mengumumkan kerja sama untuk menghasilkan karya animasi dari katalog Webtoon.

Pada 19 Januari 2021, induk perusahaan Webtoon, Naver, mengakuisisi situs cerita populer yang ditulis pengguna, Wattpad.

Wattpad akan bermitra dengan Webtoon untuk memberikan lebih banyak peluang bagi para pembuat konten.

Pada Juni 2021, Wattpad and Webtoon mengumumkan bahwa kedua perusahaan akan menggabungkan divisi studio mereka menjadi Wattpad Webtoon Studios.

Kemudian di bulan Agustus, Webtoon mengumumkan bahwa akan bekerja sama dengan DC Entertainment untuk memperluas komik digital.

Adaptasi jadi drama Korea

Webtoon menjadi rumah dari berbagai cerita komik mulai dari romansa sampai horor.

Antusiasme pembaca membuat banyaknya drama Korea yang diadaptasi dari komik Webtoon.

Drama A Business Proposal, Taxi Driver, All of Us Are Dead, Sweet Home, Hellbound, Yumi's Cells, Tomorrow, True Beauty, My Roomate is Gumiho merupakan sederet cerita yang berawal dari Webtoon.

https://entertainment.kompas.com/read/2022/08/14/111431366/mengenal-webtoon-komik-digital-dari-korea-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke