Salin Artikel

Kenapa Star Wars Dimulai dari Episode IV?

George Lucas sebagai kreator sengaja merilis trilogi original Star Wars dengan nomor IV, V, dan VI.

Sebenarnya, ketika A New Hope dirilis pada 1977, tidak ada embel-embel Episode IV. Judul Episode IV baru resmi digunakan pada 1980, ketika Star Wars: The Empire Strikes Back dirilis.

Sebab, The Empire Strikes Back dirilis dengan judul Episode V, maka untuk menghadirkan keselarasan, A New Hope harus disebut Episode IV.

Lucas sangat percaya diri bahwa trilogi awal film Star Wars akan sukses besar.

Oleh sebab itu, ia sudah memiliki skenario untuk tiga film prekuel Star Wars dengan nomor I, II, dan III.

Alasan

Dilansir dari Looper, Michael Kaminski penulis The Secret History of Star Wars membocorkan alasan George Lucas mengawali filmnya dengan Episode IV.

"Lucas memiliki pemikiran epik dan mahal di tangannya dan membagi ceritanya menjadi tiga film terpisah. Dia juga telah mengembangkan cerita latar ketiga filmnya ini sehingga semuanya berjumlah enam bab," kata Kaminski.

Cerita dari Star Wars: Episode IV - A New Hope langsung memberikan penonton suguhan futuristik tanpa konteks latar belakang sama sekali.

Trilogi prekuel Star Wars digunakan oleh George Lucas untuk membahas latar belakang politik yang dibutuhkan Empire hingga bisa dimengerti oleh penonton.

"Saya sudah memikirkan proyek Star Wars bahkan sebelum saya memulai film terakhir saya, American Graffiti, dan setelah menyelesaikan film itu saya langsung menuli Star Wars pada Januari 1973," kata Lucas.

"Faktanya, saya menulis empat skenario yang sama sekali berbeda untuk Star Wars, mencari bahan, karakter, dan alur cerita yang tepat," ujarnya lagi.

Kaminski lalu mengatakan bahwa Lucas sebenarnya belum memiliki keseluruhan cerita trilogi original yang disempurnakan hingga di pertengahan penulisan Empire Strikes Back alias Episode V.

Di sana, Lucas disebut baru menemukan ide untuk menjadikan Darth Vader sebagai ayah Luke, hingga menjelaskan mengapa Obi-Wan Kenobi memberi tahu Luke kenapa Vader membunuh ayahnya.

Penjelasan-penjelasan itu diuraikan oleh George Lucas lewat film-film prekuel Star Wars.

Keputusan George Lucas mengawali saga Star Wars dengan Episode IV hingga Episode VI lantas dinilai sebagai sebuah pemikiran jenius.

Dengan minimnya konteks di dalam trilogi film pertama, maka George Lucas menciptakan "demand" penonton terhadap prekuel Star Wars.

 

https://entertainment.kompas.com/read/2022/08/25/112432366/kenapa-star-wars-dimulai-dari-episode-iv

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.