Salin Artikel

10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik, Menghias Imajinasi dan Emosi

JAKARTA, KOMPAS.com - Studio Ghibli merupakan studio animasi di Jepang yang telah menghasilkan banyak karya menakjubkan sejak berdiri tahun 1985.

Karya-karya mereka telah dikenal dunia dan lintas generasi.

Berikut rekomendasi 10 film anime dari Studio Ghibli terbaik per tahun 2022.

1. Spirited Away (2001)

Sebuah film dengan kisah dengan elemen cahaya, sihir, misteri, dan monster.

Spirited Away berpusat pada anak berusia 10 tahun, Chihiro yang secara tidak sengaja berada di dunia dewa dan monster saat pindah ke lingkungan baru bersama orangtuanya. 

Orangtuanya berubah menjadi babi dan sungai banjir. 

Chihiro harus belajar menavigasi dunia roh dan cara melarikan diri sebelum dia lupa namanya dan terjebak selamanya.

Karya seni khas Hayao Miyazaki dan penceritaan yang menyentuh hati bersatu dalam dongeng yang indah dan imersif yang tetap tak tertandingi.

2. My Neighbor Totoro (1988)

My Neighbor Totoro berpusat pada dua gadis muda yang berteman dengan monster roh di dekat rumah baru mereka. 

Karya klasik Hayao Miyazaki ini adalah perjalanan manis ke masa kanak-kanak.

Adegan di sore hari musim panas yang tenang, pemeran karakter yang menyenangkan, mengisi My Neighbor Totoro dengan pesona dan kehangatan yang memikat.

Miyazaki menciptakan kisah yang hampir sempurna tentang kepolosan, harapan, kesenangan, dan kegembiraan menjadi seorang anak.

3. Princess Mononoke (1997)

Princess Mononoke menceritakan kisah epik seorang putri hutan yang bergerak untuk memerangi mekanisasi dan gangguan yang mengancam rakyatnya dan rumah mereka.

Perpaduan antara mitos, legenda, dan fantasi yang dibuat dari seni lukis tangan, dan musik yang menggugah. Serta campuran monster, sihir, dan karakter karismatik.

4. Nausicaä of the Valley of the Wind (1984)

Nausicaä of the Valley of the Wind memang dirilis sebelum Studio Ghibli didirikan sehingga dianggap sebagai pendahulu dari karya-karya baik di kemudian hari.

Film ini berupa petualangan fiksi ilmiah pasca-apokaliptik, mengikuti pejuang dan putri yang terampil, Nausicaä saat ia menavigasi kehidupan 1000 tahun setelah perang yang menghancurkan peradaban.

Ditulis dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki, ceritanya berputar pada upaya untuk menyelamatkan komunitasnya dari bencana ekologis. 

5. Howl's Moving Castle (2004)

Terinspirasi dari novel berjudul sama karya penulis Inggris Diana Wynne Jones, Howl's Moving Castle mengikuti seorang pembuat topi wanita muda, Sophie, yang berteman dengan seorang penyihir bernama Howl yang tinggal di sebuah kastil ajaib.

Ketika seorang penyihir lain cemburu mengutuk Sophie dengan usia tua, Howl harus menggunakan semua kemampuan magisnya untuk menyelamatkannya sebelum waktu habis. 

Howl's Moving Castle adalah tampilan yang luar biasa dari keterampilan animasi Miyazaki dan kemampuannya untuk mengatur kecepatan serta menafsirkan karakter untuk penceritaan yang dinamis. 

6. Kiki's Delivery Service (1989)

Penonton akan dibawa ke kehidupan dengan palet warna yang sama cerahnya dengan sang pemeran utama. 

Kiki's Delivery Service mengikuti pelatihan penyihir muda Kiki dan kucingnya yang pemarah Jiji, dalam kisah dewasa yang terinspirasi oleh cerita anak-anak dengan nama yang sama. 

Kiki's Delivery Service membuktikan tidak ada batasan dalam cara dia memadukan sihir dan duniawi, terus-menerus menghidupkan kembali estetika Studio Ghibli. 

Kiki adalah karakter yang menyenangkan, sempurna untuk membawakan cerita tentang kepercayaan diri, kesepian, dan pengambilan risiko dalam kehidupan. 

7. Grave of the Fireflies (1988)

Grave of the Fireflies mengadaptasi cerita pendek semi-otobiografi Akiyuki Nosaka menjadi film anti-perang yang sangat menyentuh. 

Grave of the Fireflies bercerita tentang perjuangan dua anak untuk bertahan hidup di gurun yang keras setelah Jepang menyerah pada akhir Perang Dunia II.

Ini adalah kisah tentang kepolosan, kehilangan, kehancuran, dan harapan.

Menghidupkan kisah muram ini menciptakan penggambaran yang sangat realistis.

8. Porco Rosso (1992)

Porco Rosso mengubah kisah seorang mantan pejuang Perang Dunia I Italia, Marco Pagot, yang berubah menjadi babi antropomorfik karena kutukan. 

Pemburu bayaran lepas yang mencari nafkah dengan mengejar bajak laut udara dikenal dunia sebagai Porco Rosso, yang dalam bahasa Italia berarti Crimson Pig. 

Film ini menawarkan perasaan, animasi yang menakjubkan namun tetap dapat diakses. Miyazaki memadukan fakta dan fantasi ke dalam sebuah petualangan komedi terbang tinggi. 

9. Ponyo (2008)

Film kesepuluh Hayao Miyazaki dan kedelapan yang disutradarainya untuk Studio Ghibli.

Ponyo mengikuti kisah seorang putri ikan mas yang sangat ingin hidup di dunia permukaan dan anak laki-laki berusia 5 tahun yang berteman dengannya. 

Ada pengaruh Little Mermaid yang berat dan metafora tentang polusi dan pelestarian laut. Ponyo adalah petualangan magis yang manis dan sangat menarik.

10. The Tale of the Princess Kaguya (2013)

The Tale of the Princess Kaguya berdasarkan prosa naratif Jepang abad ke-10, The Tale of the Bamboo Cutter tentang seorang bidadari yang ditemukan menumbuhkan batang bambu oleh pemotong bambu. 

Pemotong dan istrinya mengambil anak itu dan membesarkannya sebagai anak mereka sendiri. 

Anak itu dengan cepat tumbuh menjadi wanita cantik dan sangat diinginkan. Dikirim ke pengadilan, untuk membuat pernikahan yang menguntungkan oleh ayah angkatnya, Kaguya yang rindu rumah memberi pelamarnya (pangeran dan Kaisar) tugas yang mustahil untuk menghindari dipaksa untuk memilih suami.

Bersiaplah untuk menjalankan keseluruhan emosi dari kegembiraan, kasih sayang, cinta, kesedihan, dan rasa kerinduan yang mendalam.

https://entertainment.kompas.com/read/2022/09/20/132337066/10-rekomendasi-anime-studio-ghibli-terbaik-menghias-imajinasi-dan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.