Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Artis-artis Berperan Jadi Guru dalam Film Indonesia

Ada sejumlah artis peran yang didapuk menjadi guru dalam filmnya.

Siapa saja mereka?

Berikut 6 artis yang memerankan sosok guru.

1. Laudya Cynthia Bella

Laudya Cynthia Bella pernah berperan sebagai guru di film Aisyah, Biarkan Kami Bersaudara (2016). Bella berperan sebagai guru bernama Aisyah.

Syuting film ini mengambil latar di Atambua Nusa Tenggara Timur. Aisyah adalah sosok guru yang religius dan memeluk agama Islam.

Suatu ketika, Aisyah mendapat tawaran untuk mengajar di pelosok negeri yang cukup jauh dari lokasi kota.

Ternyata, mengajar di pelosok negeri bukan suatu hal yang mudah. Sebab ada perbedaan agama, budaya, hingga akses jalan yang sangat susah ke sekolah.

Meski tak mudah menjalaninya, Aisyah membuktikan bahwa ia mampu menjadi seorang guru hebat dan dicintai oleh masyarakat di sana.

Butet mengajar di pedalaman yang warganya masih tak percaya pendidikan. Mereka masih kolot dan meminta anak-anaknya untuk bekerja.

Masyarakat di sana percaya bahwa belajar hanya mendatangkan malapetaka.

Butet berusaha bisa mengajari anak-anak di sana untuk membaca dan menulis. Namun, usaha Butet tak mudah karena ia kerap dapat penolakan.

Tak mudah menyerah, Butet terus berusaha anak-anak di sana mendapat pendidikan. Ia percaya bahwa pola pikir masyarakat pedalaman bisa diubah.

Donny berperan sebagai Ustad Salman. Ustad Salman adalah sosok guru berkharisma yang mampu meyakinkan murid-muridnya dengan kata-katanya.

Ustad Salman selalu mengajarkan kepada muridnya untuk tidak mudah menyerah dan berputus asa. Sebab baginya, siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan apa yang dia inginkan.

Kata-kata itu yang terus diingat oleh muridnya dan menjadi semangat untuk berprestasi.

Taat sebenarnya hanya ingin menjadi orang kaya yang bisa membanggakan bapaknya yang kala itu menjadi guru.

Namun, karena kesulitannya dalam mencari pekerjaan membuat ia pulang dan mengambil pekerjaan sebagai seorang guru di sekolah ayahnya, SMA Gunung Asri.

Di sana, Gading mencoba menjadi guru terbaik dengan menjadikan murid-muridnya sebagai teman. Semangat Gading dalam mengajar akhirnya membuat bangga sang ayah.

Di film Alangkah Lucunya Negeri ini, dia berperan menjadi guru yang membantu anak-anak jalanan.

Reza juga berperan sebagai guru di film Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015).

Film karya sutradara Garin Nugroho dibuat berdasarkan perjalanan hidup H.O.S Cokroaminoto, pahlawan nasional yang menjadi guru presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Muslimah adalah sosok guru hebat, yang mampu bertahan di tengah keterbatasan. Muridnya hanya 10 orang dan fasilitas sekolah pun sangat terbatas.

Namun, Bu Muslimah percaya dan yaki bahwa anak-anak yang ada di sekolahnya mempunyai kelebihan masing-masing dan mempunyai kesempatan untuk sukses.

Hingga akhirnya anak-anak di Laskar Pelangi ini sukses.

https://entertainment.kompas.com/read/2022/11/25/111953966/artis-artis-berperan-jadi-guru-dalam-film-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke