Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja "Online", Makin Asyik Tapi...

Kompas.com - 19/09/2008, 01:40 WIB

Belanja online? Ih... takut... takut ditipu, takut dikerjain orang, takut dicuri data kartu kredit, takut barangnya beda dengan sama tampilan web, takut barangnya tak dikirim, dan segudang ketakutan lain memang masih menghantui perilaku kita berbelanja di internet.

 

Yup... pengalaman pada periode awal booming internet membuat persepsi belanja online itu terkesan horor. Banyak orang pintar di negara kita sendiri yang menjadi penyadap data keuangan.

Jadilah, di satu sisi kita-kita, warga Indonesia, takut belanja online, di sisi lain negara kita juga dicap oleh dunia sangat buruk perilakunya dalam bertransaksi. Sering terjadi pencurian data keuangan, terutama kartu kredit.

Kalau kita mendengar jargon bangsa kita dikenal ramah sedunia, di dunia internet bisa dibilang bangsa Indonesia masuk jajaran atas ”pencuri”.

Di beberapa mesin pemroses kartu kredit secara online, seperti Authorize.net, jika mesin mendeteksi yang belanja dari Indonesia, otomatis mesin meminta otorisasi. Kita diharuskan mengirim scan kartu kredit bolak-balik dan menandatangani pernyataan kalau kartu kredit itu benar milik kita.

Kabar baiknya, masa horor itu sebenarnya sudah kita lewati seiring dengan kepentingan kita juga untuk bisa ikut dalam perdagangan online. Banyak sudah toko online dari Indonesia, dan mereka memberi servis yang baik.

Tingkat penipuan juga menurun seiring makin berkualitasnya cara pandang orang Indonesia terhadap internet. Bagaimanapun, sikap hati-hati dari pembeli itu masih perlu. Berikut ini tips berbelanja online.

Panduan Berbelanja ”Online”

1. Cari referensi. Jika mencari toko online yang menjual barang yang kita inginkan, misalnya kebaya, sarung, barang kerajinan, komputer, laptop, buku, kamera, sebisa mungkin cari referensi dari teman yang pernah belanja online. Tanyakan pengalaman dia berbelanja online di tempat itu. Jika tak mendapat rekomendasi dari teman, gunakan mesin pencari Google, misalnya dengan mengetikkan kata-kata seperti ”belanja baju koko”.

2. Pilih yang lebih nyaman. Ada dua karakter dalam berbelanja online. Pertama, online dalam pengertian barang cuma dipajang di internet, sementara pembayarannya tetap offline (misal transfer via ATM). Kedua, total online, baik belanja maupun pembayarannya menggunakan sistem online. Tipe pertama sebenarnya lebih aman. Tipe kedua harus hati-hati dalam memasukkan data keuangan, perlu pengetahuan cukup soal transaksi online. Jika kita awam banget soal internet, hindari belanja online seperti ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com