Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elfa Secoria, 40 Tahun Berkarya sebagai Musisi

Kompas.com - 15/11/2008, 06:32 WIB

Oleh
Susi Ivvaty

Bukan kebetulan jika pameran foto ekspedisi Kompas 200 Tahun Anjer-Panaroekan, Jumat (14/11) malam, dilengkapi dengan harmoni vokal Elfa's Singer dan petikan piano Elfa Secioria.

Tahun ini, tepat 40 tahun Elfa Secioria berkarya sebagai musisi, dan 30 tahun kelompok vokal Elfa's Singers yang ia bentuk.

Elfa's Singers dengan awak Agus Wisman, Yana Julio, Lita Zen, dan Ucie Nurul tampil dengan harmonisasi vokal prima. Dari semula dijadwalkan lima lagu, Elfa's Singers menyanyikan lebih dari 10 lagu, beberapa di antaranya secara medley.

Route 66 dari The Manhattan Transfer membuka penampilan, dilanjutkan dengan antara lain Juwita Malam karya Ismail Marzuki dan Mandy serta Copa Cabana dari Barry Manilow. Elfa's Singers juga membawakan lagunya sendiri, Pesta dan lagu karangan Elfa Secioria/Wieke Gur yang dipolerkan Harvey Malaiholo, Selamat Datang Cinta.

Penampilan Elfa Secioria dan Elfa's Singers mengawali pembukaan pameran foto dan peluncuran buku ekspedisi Kompas 200 Tahun Anjer-Panaroekan yang dihelat di Bentara Budaya Jakarta. Hadir antara lain Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Agung Adiprasetyo, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Rachmat Gobel, dan wartawan senior Djafar Asegaf.

Pameran yang berlangsung hingga tanggal 23 November 2008 memasang foto karya pewarta foto harian Kompas selama berekspedisi pada Agustus 2008. Foto-foto tersebut merekam peristiwa dan keadaan di sejumlah titik sepanjang 1.100 kilometer Jalan Raya Pos (De Grote Postweg). Keadaan yang sangat jauh berubah dibandingkan 200 tahun lalu, tentunya.

Elfa dan Masa 40 Tahun

Ketika akan tampil, Elfa's Singers sempat bingung. Lagu apa yang pas dinyanyikan untuk mengiringi pameran foto ekspedisi Anjer-Panaroekan? Ah, yang penting zadul alias zaman dulu, dicocok-cocokkan dengan rasa ”200 tahun jalan pos”.

Jadilah lagu Route 66 mereka nyanyikan. Lagu yang dipopulerkan kelompok vokal yang memang menginspirasi terbentuknya Elfa's Singers, yakni The Manhattan Transfer. Setidaknya, grup itu sudah zadul, karena dibentuk tahun 1969.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com