Jamaica Cafe Pentas di Bentara Budaya Jakarta

Kompas.com - 12/08/2009, 18:34 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamaica Cafe, kelompok musik beraliran acappella, Kamis (13/8), pukul 19.30 WIB, pentas di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jalan Palmerah Selatan 17, Jakarta. Dibentuk pada tahun 1991 di Jakarta, kiprahnya di dunia panggung dimulai dengan membawa akan berbagai jenis musik, seperti reggae, rock, disko, etnik, dan bahkan dangdut, dengan melakukan eksplorasi suara atau bunyi-bunyian dalam berbagai jenis musik, dan semuanya itu dibawakan secara acappella

Kepala Pengelola Bentara Budaya Jakarta Paulina Dinartistis mengatakan, kelompok musik ini berawal dari pertemuan beberapa anggota yang pada saat itu kebetulan teman satu sekolah di Gonzaga, lalu membentuk grup vokal yang berjumlah 15-20 orang. Dari konsep yang sering gonta-ganti personel tersebut, sampai pada akhirnya pada tahun 1996 hingga sekarang, Jamaica Cafe bertahan dengan jumlah 6 personel, katanya, Rabu (12/8) di Jakarta.

Dinar menjelaskan, setelah lebih dari 10 tahun melakukan penampilan di dunia panggung di berbagai kota dan negara tetangga pada tahun 2004, Jamaica Café memproduksi sendiri album perdananya yang bertitel Musik Mulut. Album ini merupakan sebuah karya baru di belantika musik Indonesia yang diproduksi tanpa menggunakan alat musik sama sekali, selain hanya mengandalkan suara-suara dari mulut. Dan ini dibuktikan dengan diperolehnya penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI), dengan kategori Pemrakarsa Album Rekaman Tanpa Alat Musik (Musik Mulut) Pertama di Indonesia.

Personel Jamaica Café yang tampil malam berjumlah 5 orang, yaitu Prihartono Anton Mirzaputra (bariton 1, falsetto, perkusi), Michael Biyik da Lopez (bariton 2), Hekko Wicaksono (tenor 1, beat box, trompet, perkusi), Enriko Iko Simangunsong (tenor 2), Pambudi Bayu Bayuseno (bass). Dan 1 orang additional player tetap, yaitu Jimmy Bronx Ayal (bariton 3, falsetto, trompet).

Tiga nama pertama di atas merupakan pendiri dari Jamaica Cafe. Tahun 2008 Jamaica Café juga tampil di Bentara Budaya dan kali ini akan muncul kembali dengan membawakan beberapa lagu terbaru dari album yang akan dirilis akhir 2009.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.