Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langsing Usai Melahirkan Lewat Yoga

Kompas.com - 29/01/2010, 17:54 WIB

KOMPAS.com - Setiap perempuan yang baru melahirkan tahu bagaimana susahnya menurunkan berat badan. Karena kebanyakan mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk pergi ke gym atau ke tempat senam. Selain itu, tidak mungkin meninggalkan bayi terlalu lama.

Salah satu cara terbaik unyuk mendapatkan kembali bentuk tubuh setelah melahirkan adalah dengan berlatih di tempat nyaman. Dimana lagi kalau bukan di rumah?

Yoga dapat Anda lakukan sendiri di rumah, dan olahraga ini cocok untuk ibu yang baru memiliki anak. Sebab, yoga menurunkan berat badan sedikit demi sedikit, namun kontinyu. Keuntungan yoga lainnya untuk Anda yang baru melahirkan adalah:

1. Meningkatkan detak jantung dan membuat Anda banyak bergerak, dua cara untuk menurunkan berat badan yang tepat.

2. Menurunkan tingkat stres. Pasca melahirkan merupakan salah satu keadaan yang bisa membuat ibu tertekan dan depresi, terlebih untuk ibu muda. Yoga akan memberikan jalan bagi tubuh untuk bernafas lebih leluasa dan nyaman, meskipun pikiran sedang suntuk.

3. Mengembalikan kejernihan pikiran. Perempuan yang baru melahirkan telah mengalami 9 bulan masa perubahan hormon dan mengalami stres. Gerakan-gerakan yoga bisa mengembalikan otot-otot tubuh yang tegang menjadi lentur, juga mengembalikan urat syaraf menjadi lebih lentur, sama seperti sebelum melahirkan.

Tetapi ingat, apa pun cara untuk mengembalikan bentuk tubuh Anda, pastikan telah berkonsultasi dengan dokter. Jika anak Anda sudah bisa diajak bepergian, ikutlah kelas yoga ibu dan anak. Kelas yoga jenis ini memiliki dua manfaat: yakni menjalin perasaan ibu dan anak, serta mengembalikan tubuh seperti sebelum hamil.

Tanamkan juga pada pikiran Anda bahwa setelah melakukan yoga, tubuh mungkin tidak akan kembali seperti saat belum punya anak, tapi bentuknya ideal. Salah satu keuntungan lain dari yoga adalah membentuk pikiran kita untuk bisa menerima tubuh kita apa adanya. Pastikan juga Anda tidak berlatih terlalu keras.

Yoga yang punya fungsi menurunkan berat badan adalah Yoga Astangha. Seperti apa gerakannya?

Gerakan 1: Samasthiti Tadasana. Berdiri tegak di atas matras dengan memusatkan berat badan bertumpu pada kedua kaki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com