Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Gitaris untuk Indonesia

Kompas.com - 04/11/2010, 08:49 WIB

Oleh Frans Sartono

"I look at you all see the love there that's sleeping While my guitar gently weeps...."

Itu lagu ”While My Guitar Gently Weeps” dari Beatles gubahan George Harrison yang ia nyanyikan sendiri. Pada lagu tersebut, gitaris George mengajak sahabatnya, Eric Clapton, menorehkan permainan khasnya. 

Begitulah gitaris menggunakan gitar sebagai kepanjangan suara hati. Interaksi personal mereka atas kehidupan tersalur lewat gitar. Dan, itu memang sudah jadi bawaan jiwa seniman musik, termasuk gitaris di Indonesia. 

Ketika bencana susul-menyusul menimpa Indonesia, sejumlah gitaris menggagas untuk menggelar konser amal. Mereka adalah Piyu, Baron, Dewa Budjana, dan kawan-kawan. Bekerja sama dengan harian Kompas dan Bentara Budaya Jakarta (BBJ), para gitaris itu sepakat menggelar konser amal bertajuk ”Dari Gitaris untuk Indonesia” di BBJ, Jalan Palmerah Selatan, Jumat (5/11/2010) malam. 

Lewat konser ini, sejumlah seniman gitar ingin membangkitkan cinta dengan mengajak siapa saja datang untuk berempati dan menggalang dana bagi rakyat yang menjadi korban bencana. Mereka yang akan tampil, Abdee Negara, Adrian Adioetomo, Andra, Baron, Dewa Budjana, Piyu, Tohpati, John Paul Ivan, Iwan Hasan, Ian Antono, Ireng Maulana, Edo Widiz, Yali Item, Kin, Tarras, Imam, Irfan, dan Sony. Akan tampil pula penyanyi Armand Maulana. 

Dana yang terkumpul akan disalurkan melalui Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) kepada rakyat yang membutuhkan. Sejak dompet DKK dibuka pada 27 Oktober 2010, sampai dengan Rabu sore telah terkumpul hampir Rp 5 miliar. Diharapkan, dengan acara ini jumlah bantuan bagi para korban akan terkumpul lebih banyak lagi. 

Pergelaran dikonsep sebagai penampilan instrumental. ”Kami sebagai instrumentalis akan memainkan lagu-lagu yang pernah hit,” kata Piyu, gitaris dari band Padi, yang merupakan salah seorang penggagas acara.

Piyu, misalnya, akan memainkan lagu ”Sesuatu yang Indah” yang pernah dipopulerkan Padi. Baron, gitaris Baron Band yang pernah memperkuat GIGI, akan memainkan ”Ku Tak Bisa”, lagu kondang milik Slank. Pada lagu tersebut Baron akan tampil bertiga bersama gitaris Adrian Adioetomo dan gitaris Slank, Abdee Negara, yang piawai menggunakan slide guitar, peranti berupa logam pada jari manis untuk memencet dawai. 

”Kami membawakan lagu Slank secara instrumental dengan karakter gitaris yang berbeda-beda, yaitu rock, blues, dan slide guitar,” kata Baron. 

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com