Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Musik Erwin Gutawa

Kompas.com - 19/02/2011, 21:48 WIB

Oleh Dwi AS Setianingsih dan Mawar Kusuma

Lebih dari 30 tahun pemusik Erwin Gutawa terlibat dalam kerja kreatif di belantika musik Tanah Air. Torehan karyanya akan ia rentang dalam pergelaran musik ”A Masterpiece of Erwin Gutawa” di Jakarta Convention Center, 26 Februari mendatang. 

Erwin tengah intens berlatih bersama penyanyi dan musisi pendukung konser ”A Masterpiece of Erwin Gutawa”. Rabu (9/2/2011) lalu, misalnya, ia berlatih dengan para seniman bas, Yance Manusama, Indro Hardjodikoro, Barry Likumahuwa, dan Fajar Adi Nugroho.

Pada pergelaran nanti akan ada para bassist unjuk diri. Maklum, Erwin pada era 1980-1990-an adalah pemain bas band Karimata yang berawak Candra Darusman, Aminoto Kosin, Denny TR, dan Budi Haryono.

Kemudian, hari berikutnya, Kamis malam, ia berlatih dengan Iwan Fals yang menjadi tamu pergelaran. Erwin malam itu tetap dengan gaya khasnya, kaus lengan panjang warna hitam, blue jeans, dan sneaker. Jari jemarinya menari-nari di udara mengikuti lagu.

Dia tak segan mengulang-ulang bagian lagu yang dianggap kurang pas. Sesekali latihan disela dengan diskusi untuk mengurangi atau menambah bagian tertentu lagu. Di bagian vokal, ia tak segan meminta Iwan menambah dengan teriakan atau lengkingan suara khas hingga menemukan format paling sesuai.

Iwan dilibatkan dalam konser karena Erwin pernah menggarap ulang aransemen lagu ”Mata Dewa” tahun 1989 dan ”Izinkan Aku Mencintaimu”. Dalam konser, legenda keroncong Waljinah juga akan didatangkan dari Solo, Jawa Tengah. Erwin pernah melibatkan pelantun tembang ”Walang Kekek” ini dalam album Chrisye, Badai Pasti Berlalu (1999).

”Konser ini seperti perjalanan dari apa yang pernah saya bikin. Tetapi, saya juga ingin membuat sesuatu yang baru,” kata Erwin tentang konser yang digelar KG Production bersama Dyandra Promosindo itu.

Konser nanti, lanjutnya, juga menjadi gambaran ideal versi Erwin tentang musik dalam industri musik di Indonesia.

”Saya ingin ngasih tahu masyarakat, juga teman-teman di industri musik, inilah musik yang saya rekomendasi. Semoga penonton sepakat dengan rekomendasi saya nanti,” kata Erwin yang melibatkan 90 pieces orkestra itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com