Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kate Akan Diantar Kereta Emas Diana

Kompas.com - 22/03/2011, 13:44 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton mungkin terjadi saat cuaca cerah pada April, tetapi banyak orang berharap terjadi hujan sehingga dapat menyaksikan kereta Diana yang terkenal.

Kereta Glass Coach yang membawa ibu William pada pernikahannya tahun 1981 hanya akan digunakan pada acara yang berlangsung saat hujan. Sementara kereta kerajaan State Landau tanpa atap buatan tahun 1902 digunakan bila cuaca cerah.

Kereta-kereta itu hanya digunakan untuk mengantar pasangan dari tempat pernikahan di Gereja Westminster Abbey ke Istana Buckingham setelah Middleton memutuskan untuk tiba di misa pada 29 April dengan mobil Rolls-Royce.

Pengurus senior kereta kerajaan Glass Coach, Martin Oates, mengatakan, ”Kereta itu sudah lama digunakan sebagai kereta pengantin.Kereta ini adalah kereta yang dipakai oleh Diana dan Sarah Ferguson untuk berangkat dari Clarence House ke gereja mereka. Karena kami hanya menggunakannya satu kali tahun ini, kami tidak akan menyebutnya sebagai kereta pengantin seperti yang disebutkan orang-orang, namun kereta inilah yang ingin dilihat semua orang,” ujarnya.

Kereta yang bobotnya hampir satu ton tersebut awalnya didesain sebagai kereta sherif kota setempat saat dibuat oleh Peters dan Sons tahun 1881. Kereta itu diambil menjadi kereta kerajaan saat dibeli untuk upacara pemahkotaan Raja George V pada 1911. Kereta State Laudau dibuat oleh Hoopers untuk pemahkotaan Raja Edward VII. Tanggung jawab untuk penggunaan kereta-kereta tersebut berada di tangan Oates yang mengaku gelisah mengenai hari besar itu.

”Banyak persiapan yang dilakukan dan tentu menyenangkan menjadi bagian dari hari besar itu dan semoga semua orang akan menyaksikan apa yang saya lakukan. Ada sedikit kekhawatiran karena bila terjadi hal yang tidak beres, saya akan mendapat masalah,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com