Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Demam" Perkawinan Kerajaan Meningkat

Kompas.com - 29/03/2011, 07:12 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Sebulan menjelang perkawinan Pangeran William dan Kate Middleton, ”demam” mengenai perkawinan kerajaan terbesar Inggris dalam 30 tahun ini mulai meningkat, Senin (28/3). Rincian mengenai acara itu pun bermunculan di media walau gaun pengantin masih merupakan rahasia negara.

Undangan untuk upacara perkawinan di gereja Westminster Abbey tanggal 29 April sudah dikirimkan, kue pengantin sudah dipilih, kereta kerajaan sudah dipesan, dan musik untuk upacara gereja sudah ditentukan.

Di sekitar detail itu, antusiasme massa terhadap perkawinan kerajaan itu meningkat, baik di Inggris maupun di luar negeri. Banyak orang memandang William dan Kate sebagai suatu napas segar bagi kerajaan.

”Ini sesuatu yang dinanti-nantikan banyak orang,” kata Max Clifford, konsultan hubungan masyarakat terkemuka.

Demam itu terutama terasa di Amerika Serikat. ”Di AS, ini gila,” kata Robert Jobson, komentator keluarga kerajaan dan penulis William and Kate: The Love Story. Jobson mengatakan, sebuah jaringan televisi AS mewawancarainya tiga kali seminggu soal perkawinan agung itu.

Walau orang Inggris tampak lebih tenang menanggapi peristiwa itu, Jobson yakin antusiasme segera meningkat dalam pekan-pekan mendatang. Hal ini dihangatkan oleh semakin banyaknya rincian yang muncul mengenai perkawinan itu. Pasangan William dan Kate juga semakin sering muncul di masyarakat.

”Di Inggris, kami tak mau terlalu bersemangat dan memperlihatkan bahwa kami menikmati. Namun, saat itu terjadi, seluruh tempat akan diserbu dan semua orang akan mabuk dan bersukaria,” katanya kepada AFP.

Badan pariwisata ibu kota Inggris, Visit London, memprediksi 600.000 wisatawan tambahan akan berbondong-bondong ke London untuk acara itu.

Pasangan itu akan menikah di Westminster Abbey. Kate akan tiba dengan limusin Rolls-Royce dan saat dia melangkah masuk ke Abbey, gaunnya akan dilihat satu miliar penonton televisi.

Para pejabat istana merahasiakan rincian mengenai gaun itu walau media menyebutkan penerus almarhum desainer Alexander McQueen, Sarah Burton, telah mendapat tugas tersebut.

Polisi Inggris hari Senin mengatakan, mereka mempertimbangkan tindakan tegas untuk mencegah kekacauan pada perayaan perkawinan kerajaan itu. Kekhawatiran muncul bahwa kaum anarkis akan menjadikan acara itu target menyusul sebuah demonstrasi akhir pekan lalu di London. (AFP/Reuters/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com