Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Makanan hingga Harvey untuk Korban Kebakaran Kramat V

Kompas.com - 04/06/2011, 05:27 WIB

Jumat (3/6) siang, kesibukan tampak di Jalan Kramat V, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Sebuah tenda biru-putih didirikan di tengah jalan. Meja-meja dipasang dan dilapisi taplak putih.

Di situlah bazar penggalangan dana bagi korban kebakaran akan digelar tanggal 4 dan 5 Juni 2011. Dalam dua hari, bazar dibuka mulai pukul 10.00 hingga 22.00.

Inisiatif warga untuk membantu tetangganya inilah yang menjadikan acara ini terwujud.

”Dua hari setelah kebakaran tanggal 9 Mei, saya meminta izin untuk mengadakan acara penggalangan dana,” ucap Bram Titaley Jr, warga setempat, Jumat (3/6).

Berbekal niat menghimpun dana bagi korban kebakaran ini, Bram lantas dipercaya sebagai ketua panitia acara tersebut. Warga yang jadi panitia acara juga diminta bekerja sosial karena memang tidak ada bayaran untuk tenaga yang mempersiapkan acara ini.

Beberapa simpatisan dari luar Jalan Kramat V juga turut andil di acara ini. Dalam kurun sekitar sebulan, seluruh persiapan selesai dan bazar siap digelar.

Tercatat 23 peserta yang menawarkan aneka makanan di bazar. Sebagian besar menyediakan makanan khas Manado, seperti woku, ikan cakalang, dan rica-rica.

Panitia juga membuka stan penggalangan dana. Selain satu stan makanan, seluruh minuman yang dijual dalam acara itu dipegang panitia sehingga dana hasil penjualan terkumpul dan bisa langsung diberikan kepada korban kebakaran.

Selain makanan, ada juga donatur yang menyumbangkan pakaian dan aksesori pantas pakai. Ada tujuh stan yang menjual pakaian seperti model garage sale di rumah. Harga pakaian dipatok Rp 5.000-Rp 10.000 per lembar. Pakaian yang dijual sudah diseleksi agar tidak mengecewakan calon pembeli.

Penggalangan dana juga dilakukan dengan menjual kupon berhadiah. Kupon seharga Rp 5.000 selembar ini akan diundi untuk mendapatkan beberapa hadiah, seperti LCD TV, sepeda, mini compo, ponsel, hingga tas tangan. Sebagian hadiah terpajang di depan posko panitia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com