Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glen Fredly Dirikan "Rumah Beta"

Kompas.com - 23/08/2011, 02:28 WIB

AMBON, KOMPAS.com--Musisi ternama asal Maluku Glenn Fredly mendirikan sebuah rumah untuk para seniman kota Ambon diberi nama "Rumah Beta" di Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Ambon.

"Rumah Beta kita jadikan sebagai bengkel seni bagi para seniman di kota Ambon dan Maluku. Seniman siapa saja dapat menggunakan Rumah Beta, mau berlatih nyanyi, lukis, puisi, tari sampai bedah buku silahkan menggunakan rumah tersebut," kata Glenn di Ambon, Minggu.

Menurut Glenn tujuan pendirian "Rumah Beta" agar seniman asal daerah ini bisa  menghasilkan berbagai karya seni terbaik dan mampu mengharumkan nama Maluku baik nasional maupun internasional di bidang seni dan budaya," ujarnya.

"Ide membuat Rumah Beta sangat sederhana, setiap pulang ke Ambon saya melihat banyak teman-teman berlatih vokal, puisi di emperan kantor, rumah ibadah dan di taman mempersiapkan diri mengikuti sebuah lomba," katanya.

Ia mengakui bakat seni generasi muda kota Ambon dan Maluku cukup banyak terutama bidang tari suara, sayangnya belum ada fasilitas yang dijadikan tempat untuk berlatih.

"Rumah Beta" akan dilengkapi dengan bebagai sarana pendukung seperti studio rekaman serta berbagai peralatan seni.Saya berharap lewat Rumah Beta akan lahir seniman terkenal dari daerah ini, terutama penyanyi,"ujar Glenn.

Glenn mengungkapkan Rumah Beta juga setiap bulannya akan menggelar konser seni untuk menghibur warga kota terutama warga negeri Amahusu.

"Kita sudah menjdawalkan kegiatan konser seni satu bulan sekali oleh teman-teman seniman baik itu penyanyi lokal, kelompok Band, sanggar tari, " kata Glenn menjelaskan.

Rumah Beta juga akan dijadikan sebagai tempat persiapan pagelaran konser "Beta Maluku" yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Mandala Remaja Karang Panjang  kecamatan Sirmau tanggal 2 Oktober 2011.

Konser "Beta Maluku" didukung lebih dari seratus orang seniman terdiri dari penyanyi, musisi, penari dan budayawan asal Maluku.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com